Pria Mojokerto Bikin Gua 60 Meter di Bawah Kebun, Penampakannya Bikin Takjub

ADVERTISEMENT

Pria Mojokerto Bikin Gua 60 Meter di Bawah Kebun, Penampakannya Bikin Takjub

Tim detikJatim - detikNews
Jumat, 26 Agu 2022 12:01 WIB
Gua bawah tanah di Mojokerto
Gua bawah tanah di Mojokerto. (Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Mojokerto -

Jika dilihat dari atas, sepintas kebun milik Mustain (54), warga RT 6 RW 1, Dusun Tumpangsari, Mojokerto, Jawa Timur, ini tampak biasa saja. Namun, saat ditilik lebih dekat, di bawah kebun terdapat gua sepanjang 60 meter dan memiliki kedalaman hingga 15 meter.

Dilansir detikJatim, Jumat (26/8/2022), bukan tanpa alasan Mustain membangun gua ini. Menurutnya, wangsit dari kakek buyutnyalah yang membuatnya nekat menggali tanah di kebun warisan dan menjadi tempat meditasi. Wangsit ini didapatkannya setelah berpuasa putih selama 40 hari.

detikJatim berkesempatan masuk ke gua tersebut. Gua ini dibangun di bawah kebun yang luasnya sekitar 50x40 meter persegi. Terdapat musala keluarga di kebun sebelah selatan rumah Mustain.

Sementara itu, pintu masuk gua berada di sisi tenggara musala ini berupa lubang dengan diameter sekitar 100 cm yang dikelilingi dinding bata merah. Akses masuk ke dalam gua berupa tangga tanah yang bisa dilalui satu orang saja.

Gua buatan warga MojokertoGua buatan warga Mojokerto (Enggran Eko Budianto/detikJatim)

Dari mulut gua, detikJatim harus berjalan menunduk agar tidak terbentur bagian atasnya. Selanjutnya, menggunakan senter ponsel, kami menyusuri lorong gua yang lebarnya sekitar 70 cm saja ke arah utara. Lorong sempit ini lantas berbelok ke kiri atau ke arah barat.

Gua bawah tanah di MojokertoGua bawah tanah di Mojokerto (Enggran Eko Budianto/detikJatim)

Setelah melalui lorong kedua, detikJatim dipandu Mustain sampai di sebuah ruangan pertama yang agak luas. Banyak pilar besar bulat berbahan tanah di ruangan ini. Di antara pilar-pilar dan dinding gua, terdapat bangunan makam sepanjang 2 meter. Di belakang makam ini juga terdapat sumur dengan diameter sekitar 60 cm sedalam 12 meter.


Baca selengkapnya di sini

Simak Video: Menyusuri Gua Buatan Sepanjang 60 Meter di Kebun Warga Mojokerto

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT