Tugas TNI di Perbatasan Tak Cuma Jaga Wilayah tapi Kedaulatan Rupiah

ADVERTISEMENT

Tapal Batas

Tugas TNI di Perbatasan Tak Cuma Jaga Wilayah tapi Kedaulatan Rupiah

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 25 Agu 2022 15:00 WIB
Tugas TNI di Perbatasan Tak Cuma Jaga Wilayah tapi Kedaulatan Rupiah
TNI AL di Perbatasan Tak Cuma Jaga Pertahanan tapi Kedaulatan Rupiah Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom
Anambas -

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) di perbatasan tak hanya bertugas menjaga kedaulatan NKRI pada aspek pertahanan, melainkan turut menjaga kedaulatan rupiah. Salah satu bukti dari tugas non-perang itu bisa dilihat dari yang dilakukan prajurit di Pangkalan TNI AL (Lanal) Tarempa, Kepulauan Anambas.

Seperti diketahui, Kepulauan Anambas sebagai wilayah maritim terletak dan berbatasan langsung dengan perairan tiga negara sekaligus seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Posisi tersebut menjadikan Anambas sebagai salah satu pintu gerbang pulau terdepan Indonesia.

Oleh karena itu, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf menginstruksikan tentara di perbatasan harus selalu bersiap dengan berbagai tugas pokok, baik yang berhubungan dengan operasi militer perang, maupun operasi militer non-perang.

"Jadi tugas pokok di Lanal Tarempa ini adalah melaksanakan patroli keamanan laut di wilayah kerja kami di Kepulauan Anambas, kemudian memberdayakan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) dalam hal ini kegiatan-kegiatan formal termasuk Kampung Bahari Nusantara," ungkapnya kepada Tim Tapal Batas detikcom beberapa waktu lalu.

Adapun untuk upaya menjaga kedaulatan rupiah Lanal Tarempa bersinergi dengan Bank Indonesia (BI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bersama BI pihaknya melaksanakan Kas Keliling dengan membawa sejumlah mata uang rupiah baru melalui Kapal KRI untuk ditukarkan di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, dan Terpencil).

"Jadi tugasnya adalah menarik mata uang yang sudah tidak layak untuk ditukar ke mata uang yang baru. Itu sudah dilaksanakan rutin setiap tahun untuk menjaga kedaulatan rupiah, jadi personil Kas dari Bank Indonesia, itu on guard KRI dengan membawa sejumlah uang baru untuk ditukarkan di wilayah perbatasan," jelasnya.

Tugas TNI di Perbatasan Tak Cuma Jaga Wilayah tapi Kedaulatan Rupiah Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom

Kemudian kerja sama Lanal Tarempa dengan BRI dilakukan dengan pengamanan Teras BRI Kapal yang memberikan layanan perbankan terhadap masyarakat di pulau-pulau terluar di Kepulauan Anambas. Pihaknya menerjunkan beberapa prajurit yang ditempatkan di Teras BRI Kapal untuk pengamanan.

"Untuk pengamanannya pihak BRI sudah mempercayakan kepada kami, TNI Angkatan Laut, untuk membantu pengamanan selama melaksanakan lintas laut, ataupun selama melaksanakan transaksi di wilayah kepulauan Anambas," ungkapnya.

"Jadi memang sangat kami apresiasi upaya BRI untuk mengadakan kapal kas keliling tersebut, karena masyarakat sini itu sangat membutuhkan proaktif dari BRI-nya ke tempat-tempat mereka," jelasnya.

Halaman Selanjutnya: TNI Harus Siap Perang

Tonton juga Video: Ini Penampakan Uang Kertas Terbaru, Tokoh Pahlawan Masih Sama

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT