Arahan Jokowi Agar Tak Khawatir Meski Cacar Monyet Masuk ke Tanah Air

ADVERTISEMENT

Arahan Jokowi Agar Tak Khawatir Meski Cacar Monyet Masuk ke Tanah Air

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 24 Agu 2022 06:00 WIB
Jakarta -

Arahan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai cacar monyet atau monkeypox terdeteksi di Indonesia. Jokowi meminta masyarakat tidak terlalu khawatir.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi kepada wartawan di TMII, Jakarta Timur, Selasa (23/8/2022). Jokowi menjelaskan penularan cacar monyet bukan lewat droplet.

"Ini juga kita tidak perlu terlalu panik karena penularannya lewat kontak langsung. Bukan lewat droplet," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan yang paling penting adalah kesiapan Indonesia untuk mengatasi penyakit tersebut. Dia juga sudah memerintahkan Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk segera menyediakan vaksin.

"Yang pertama urusan vaksin segera," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI itu juga meminta tempat-tempat dengan interaksi tinggi betul-betul diperhatikan. Selain itu, Jokowi memerintahkan agar pintu masuk ke Indonesia diperiksa ketat.

"Yang kedua untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat," ujar Jokowi.

Penjelasan yang sama disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (23/8/2022). Budi menjelaskan cacar monyet bisa menular jika sudah terlihat bintik-bintik.

"Dia hanya bisa menular secara fisik sudah kelihatan bintik-bintik cacarnya dan cairannya. Kalau COVID-19 kan masih sehat pun bisa menular jadi lebih berbahaya, kalau cacar monyet kita lihat nih kalau teman kita udah cacar monyet baru dia bisa menular. Kalau masih sehat kita deket-deket nggak apa-apa tapi udah cacar monyet kita masih deket-deket ya salah kita sendiri," kata Budi.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT