ADVERTISEMENT

Siap-siap! Antisipasi Varian Baru, Vaksin COVID Digencarkan Lagi Akhir Tahun

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 23 Agu 2022 14:48 WIB
Jakarta -

Pemerintah bakal meningkatkan lagi vaksinasi COVID-19 pada akhir 2022. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi jika muncul varian baru COVID-19.

"Arahan Bapak Presiden nanti rencananya di akhir tahun kita akan melakukan vaksinasi, terutama diarahkan bagi golongan yang memang imunitasnya rendah," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Selasa (23/8/2022).

Pemerintah juga berencana kembali mengadakan sero survei pada November 2022. Survei itu untuk memetakan daerah yang tingkat imunitasnya menurun.

"Kemudian orang-orang mana yang berisiko tinggi, nanti itu yang akan kita berikan vaksinasi agar bisa meningkatkan, mempersiapkan, memperbaiki kadar imunitas masyarakat populasi tersebut, insyallah kalau nanti ada varian baru, mudah-mudahan tidak, tapi kan tugasnya mempersiapkan," ujar Budi.

"Kalau ada nanti varian baru di bulan Januari, Februari, Maret, imunitas populasi masyarakat Indonesia itu tetap tinggi," sambung Budi.

Budi mengatakan salah satu yang diminta Jokowi adalah vaksinasi anak di bawah 6 tahun. Budi menjelaskan pemerintah saat ini sedang menjajaki mengenai vaksin yang akan diberikan untuk anak di bawah 6 tahun itu.

"Kemudian yang kedua vaksinasi bagi kelompok-kelompok yang lansia, yang komorbid kemudian yang kadar imunitasnya sudah turun atau sudah lebih dari 6 bulan karena kita sudah tahu by name, by address. Nanti akan kita segera berikan alternatif vaksin yang adanya agar bisa meningkatkan kadar imunitasnya untuk menjaga level imunitas populasi Indonesia. Untuk menghadapi, siap-siap di awal tahun depan kalau misalnya ada varian baru," ujar Budi.

(knv/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT