Jokowi Luncurkan Food Estate Berbasis Mangga di Gresik

ADVERTISEMENT

Jokowi Luncurkan Food Estate Berbasis Mangga di Gresik

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 22 Agu 2022 11:06 WIB
Jokowi di Gresik, Jawa Timur
Jokowi di Gresik, Jawa Timur (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program lumbung pangan atau food estate berbasis mangga dan taksi alsintan (alat dan mesin pertanian) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jokowi ingin hasil produksi penanaman mangga ini bisa memenuhi kebutuhan domestik dan bisa diekspor ke luar negeri.

"Hari ini saya berada di Kabupaten Gresik untuk melakukan penanaman mangga, jadi kurang lebih total seribu hektare di empat kecamatan. Dan kita harapkan food estate ini, ada yang milik rakyat, ada yang milik swasta, dan kita ingin itu terintegrasi dengan embung yang dibangun di sini. Ada embungnya, ada food estate-nya, masyarakat bisa dapat, swasta juga bisa bergerak. Yang kita inginkan adalah produksi ini ditanam sekarang, nanti bisa berproduksi kira-kira, berbuah kira-kira, tiga tahun, sebagian diekspor, sebagian untuk keperluan domestik," kata Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/8/2022).

Jokowi mendorong ekspor mangga ke sejumlah negara di dunia. Dia mengatakan permintaan ekspor dari beberapa negara cukup banyak.

"Karena permintaan mangga untuk ekspor itu sekarang masih kurang. Ke Timur Tengah, China, Jepang, ke Eropa, saya kira banyak permintaan," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan food estate berbasis mangga ini bakal dilakukan di daerah lain. Syaratnya, kata Jokowi, adalah terdapat lahan marginal yang cocok untuk ditanami mangga.

Perihal akses ke lokasi food estate, Jokowi mengatakan saat ini banyak jalan alternatif. Jokowi mengatakan pengiriman akan lebih cepat jika lewat jalan tol.

"Alternatif ini kan sudah diberikan, ada jalan yang lama, ada jalan provinsi, ada jalan kabupaten tapi sekarang kan ada tol. Yang mau cepet ya lewat tol, ada alternatif satu lagi kan, jalan tol. Nah itu yang dipakai. Kalau mau mobilitas logistik cepat pakai jalan tol," imbuh Jokowi.

Simak juga video 'Jokowi Blak-blakan Suka Duka Jadi Presiden di Depan Wartawan Cilik':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT