5 Update Kasus Brigadir J: Peran Istri Sambo-Penyerahan Hasil Autopsi

ADVERTISEMENT

5 Update Kasus Brigadir J: Peran Istri Sambo-Penyerahan Hasil Autopsi

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 22 Agu 2022 11:02 WIB
5 Update Kasus Brigadir J, Simak Info Lengkapnya di Sini
5 Update Kasus Brigadir J, Simak Info Lengkapnya di Sini | Foto: Istimewa
Jakarta -

Update kasus Brigadir J telah dipaparkan di bawah ini. Mulai dari daftar tersangka kasus pembunuhan Brigadir J dan perannya, hasil autopsi ulang jenazah Brigadir J, hingga rapat Komisi II DPR bahas perkembangan kasus tersebut.

Simak informasi update kasus Brigadir J selengkapnya berikut ini.

Daftar 5 Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J tewas ditembak pada Jumat, 8 Juli 2022. Brigadir J tewas di rumah komandannya sendiri, mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Pada awal kasus, disebutkan Brigadir J tewas karena baku tembak dengan Bharada Richard Eliezer (RE atau E), dan pemicunya karena pelecehan seksual terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi di rumah dinas. Seiring berjalannya kasus tersebut dan ditangani timsus, fakta demi fakta terungkap bahwa Brigadir J dieksekusi karena pembunuhan berencana yang didalangi Ferdy Sambo, bukan karena pelecehan seksual terhadap istri Sambo di rumah dinas.

Polri telah menetapkan 5 tersangka pembunuhan berencana Brigadir Yoshua. Daftar 5 tersangka kasus pembunuhan Brigadir J adalah sebagai berikut:

  1. Bharada Richard Eliezer (RE)
  2. Bripka Ricky Rizal (RR)
  3. Kuat Ma'ruf (KM)
  4. Irjen Ferdy Sambo
  5. Putri Candrawathi

Ferdy Sambo berperan memerintah Bharada E menembak Brigadir J dan merekayasa kasus tersebut. Sedangkan Bharada RE berperan menembak Brigadir J. Sementara Bripka RR dan KM berperan ikut membantu dan menyaksikan penembakan korban.

Kelimanya dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana subsider Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan juncto Pasal 55 juncto 56 KUHP. Kelima tersangka juga ditahan.

Putri Candrawathi Ditetapkan Jadi Tersangka Baru

Istri Ferdy Sambo, Putri Candarawathi telah ditetapkan sebagai tersangka baru dalam update kasus Brigadir J. Putri ditetapkan sebagai tersangka baru atas bukti-bukti yang dikumpulkan oleh tim kepolisian.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan sebanyak tiga kali kepada Putri. Andi juga menyebutkan bahwa penyidik setidaknya mempunyai dua alat bukti untuk menetapkan Putri sebagai tersangka.

"Berdasarkan dua alat bukti: yang pertama keterangan saksi, kemudian bukti elektronik CCTV, baik yang ada di Saguling maupun yang ada di dekat TKP, yang selama ini menjadi pertanyaan publik, yang diperoleh dari DVR pos satpam inilah yang menjadi bagian circumstantial evidence atau barang bukti tidak langsung, yang jadi jadi petunjuk bahwa PC ada di lokasi sejak di Saguling sampai di Duren Tiga," jelas Andi.

Peran Istri Sambo di Pembunuhan Brigadir J

Seperti diketahui, dalam update kasus Brigadir J, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi telah ditetapkan menjadi tersangka pembunuhan Brigadir Yoshua. Ferdy Sambo berperan sebagai dalang pembunuhan Brigadir J. Sementara, ada tiga peran Putri dalam pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, berikut adalah tiga peran tersebut:

  1. Terlibat aktif dalam skenario pembunuhan Brigadir J yang didalangi Ferdi Sambo
  2. Ikut menawarkan uang ke Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf
  3. Membuat laporan palsu terkait pelecehan yang terjadi di Duren Tiga

Tim Forensik Serahkan Hasil Autopsi Brigadir J ke Polri Hari Ini

Update kasus Brigadir J, tim kedokteran forensik gabungan telah selesai melakukan autopsi ulang jasad Brigadir J atau Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat. Rencananya, tim forensik akan menyerahkan hasil autopsi ulang Brigadir J ke Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, siang nanti.

"Siang ini pukul 13.00 kami akan ke Bareskrim untuk memberikan hasilnya," kata ketua tim dokter forensik gabungan Ade Firmansyah Sugiharto saat dimintai konfirmasi, Senin (22/8/2022).

Ade mengatakan mungkin tim forensik bakal menggelar konferensi pers. Namun, untuk waktunya masih belum bisa dipastikan.

"InsyaAllah akan ada konpers di sana, tapi waktunya menyesuaikan setelah kami bertemu dengan penyidik," ujar Ade.

Sebelumnya, autopsi ulang jasad Brigadir J dilakukan pada Rabu (27/7) di RSUD Sungai Bahar Jambi. Setelah itu sampel dikirim ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk diteliti.

Komisi III DPR Gelar Rapat Bahas Kasus Ferdy Sambo Hari Ini

Komisi III DPR RI akan menggelar rapat membahas update kasus Brigadir J. Rapat pembahasan kasus pembunuhan berencana Brigadir J akan dilakukan bersama Komnas HAM, Kompolnas, dan LPSK, hari ini.

"On schedule. Senin besok, 22 Agustus, komisi memang mengagendakan rapat dengan Komnas HAM, LPSK, dan Kompolnas," kata anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra Habiburokhman kepada wartawan, Minggu (21/8/2022).

Habiburokhman menjelaskan rapat diselenggarakan sebagai bentuk pengawasan kinerja dari setiap mitra Komisi III DPR. Digelarnya rapat juga untuk mengetahui perkembangan kasus tersebut.

Demikian informasi update kasus Brigadir J sejauh ini.

Simak video 'Menelaah Peran Penting Istri Sambo di Perencanaan Pembunuhan Brigadir J':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT