Kenangan Emil dan Arumi soal Sosok Almarhum Hermanto Dardak

ADVERTISEMENT

Kenangan Emil dan Arumi soal Sosok Almarhum Hermanto Dardak

Khairul Ma'arif - detikNews
Minggu, 21 Agu 2022 12:01 WIB
Emil Dardak dan Arumi Bachsin (Khairul Maarif/detikcom).
Emil Dardak dan Arumi Bachsin (Khairul Ma'arif/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Dardak dan istrinya, Arumi Bachsin, mengantarakan jasad ayahanda tercinta, Hermanto Dardak, ke peristirahatan terakhirnya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel). Keluarga besar Hermanto Dardak dan Kementerian PUPR yang dihadiri Basuki Hadimuljono turut melepas kepergiannya.

Emil menceritakan kisah hidup ayahnya, Hermanto Dardak. Hermanto dikisahkan sebagai sosok yang bekerja keras.

"Kenapa kemudian saya sangat concern sangat atensi dengan ini karena saya menjadi saksi hidup beliau dulu bekerja keras luar biasa dan penuh dedikasi untuk bidang infrastruktur. Kadang sampai saya juga istilahnya ketiban sampur ya, bisa tuh malam-malam saya dibangunin larut malam itu usia masih SD apa SMP karena saya bisa ngetik itu bantu beliau ngerapihin bahan-bahan infrastruktur," katanya kepada wartawan di lokasi, Minggu (21/8/2022).

Ia mengaku momen-momen itu menjadi kenangan manisnya bersamaan ayahandanya tercinta. Selain itu, Wagub Jatim ini pernah sekali waktu melihat proyek pembangunan yang dilakukan oleh Hermanto.

"Saya ngelihat beliau masa kecil kenangan saya itu ngerasain nengokin proyek-proyek pembangunan dan ada satu kebanggaan bahwa yang dikerjakan Bapak saya ini bermanfaat untuk orang. Dan waktu saya masih SD diajak naik sepeda keliling ke pasar tradisional terus ditunjuk itu loh sektor informal pedagang tradisional," imbuhnya.

Di tempat yang sama, istri Emil Dardak, Arumi Bachsin, turut serta melepas mertua tercintanya. Arumi mengenang mertuanya sebagai sosok yang berkesan.

"Kesan yang saya tangkep buat anaknya aja kaku, apalagi buat mantunya. Jadi lebih kalau ketemu momen-momen bonding-nya itu ketika sama Mas Emil kemudian mulai kenal dengan saya mulai ada saya. Dulu kami sempat tinggal bareng sama Kakung waktu awal nikah. Bondingnya itu kalau pulang kerja ngomonginnya yang serius," ungkapnya.

Hermanto, di mata Arumi, merupakan sosok yang serius. Meski demikian, Hermanto Dardak juga sosok yang luwes saat bersama cucunya.

"Dari sosok di mata kami serius sekali ketika sudah punya cucu saya sendiri ngeliatnya suka terenyuh. Anak saya bisa kita biasa nitipin di tempat Uti di tempat Kakung nah itu. Tapi dia yang inisiatif mau belanja tidak, mau ini tidak. Jadi kok luwes banget ke cucunya. Ada sisi yang kami anak-anaknya tidak pernah lihat tapi muncul ke cucu-cucunya," ujarnya.

Sebelumnya, Hermanto Dardak, ayahanda Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, meninggal dunia dalam kecelakaan di Tol Pemalang. Mobil Toyota Innova yang ditumpangi Hermanto Dardak menabrak bagian belakang truk.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Alqudusy membenarkan kecelakaan yang menewaskan Hermanto Dardak ini. Kecelakaan terjadi di Km 341+400 Tol Pemalang pada Sabtu (20/8), sekitar pukul 03.25 WIB.

"Terjadi kecelakaan 33K tabrak belakang di Km 341+400 B terjadi pada pagi hari saat cuaca cerah dengan kondisi arus lalu lintas landai alinyemen menikung kanan dan mendatar. Melibatkan kendaraan Innova nopol B-2739-UFZ yang menempuh perjalanan masuk dari GT Kalikangkung dengan tujuan Jakarta," ujar Iqbal dalam keterangannya kepada detikcom, Sabtu (20/8).

Mobil Innova tersebut dikemudikan sopir bernama Angga Saputra (30). Sopir diduga mengantuk sehingga menabrak bagian belakang truk Hino bernopol K-1909-BH.

"Korban dua orang. Atas nama A Hermanto (65) meninggal dunia dan Angga Saputra (30) terluka," imbuhnya.

Kecelakaan ini juga mengakibatkan mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak ringsek.

Simak Video 'Hermanto Dardak Meninggal Dunia, Arumi Bachsin Minta Doa':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT