ADVERTISEMENT

Jual Tiket Palsu Laga Persikabo Vs Persija, Pria Cimahi Diciduk Polisi

Muchamad Sholihin - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 22:35 WIB
AS, pria Cimahi Selatan usia 56 tahun jual tiket palsu Persikabo 73 vs Persija. (M Sholihin/detikcom)
AS, pria Cimahi Selatan, usia 56 tahun jual tiket palsu Persikabo 73 vs Persija. (M Sholihin/detikcom)
Bogor -

Polisi menangkap AS (56), pria asal Cimahi Selatan, Jawa Barat, karena diduga memalsukan dan menjual tiket pertandingan sepakbola. AS ditangkap usai beraksi di Stadion Pakansari Cibinong saat laga Persikabo 1973 melawan Persija.

"Berawal saat pertandingan Persikabo vs Persija di Stadion Pakansari. Petugas keamanan mengamankan seseorang yang menjual tiket palsu," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Jumat (19/8/2022).

"Saat kami lakukan pengecekan kepada yang bersangkutan, ditemukan 73 tiket palsu yang belum terjual. Sebagian sudah terjual ke suporter," tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan terungkap bahwa AS sudah menjual tiket palsu di 3 pertandingan sepakbola antarklub dalam negeri dan pertandingan antarnegara.

"Dari keterangan pelaku, yang bersangkutan sudah 3 kali melakukan penjualan tiket palsu. Di antaranya yakni pertandingan Indonesia vs Vietnam, pertandingan Persib melawan PSIS, kemudian pertandingan Persikabo melawan Persija," ungkap Iman.

Dalam melakukan aksinya, pelaku AS awalnya membeli tiket asli. Namun kemudian, tiket asli tersebut dicetak ulang dan barcode-nya diubah. Tiket-tiket palsu itu kemudian dijualnya dengan harga lebih murah.

"Modus membeli tiket asli, dari tiket asli direkayasa dimodifikasi diubah nama dan kode barcode-nya. Selanjutnya menjual ke suporter di likasi pertandingan," kata Iman.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku AS dijerat dengan Pasal 263 KUHP dan Pasal 378 dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT