LPSK Tak Kaget Istri Sambo Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

ADVERTISEMENT

LPSK Tak Kaget Istri Sambo Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 16:29 WIB
Juru bicara LPSK Rully Novian (Wildan Noviansah/detikcom)
Juru bicara LPSK Rully Novian (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

LPSK angkat bicara soal penetapan isti Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, menjadi tersangka di kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. LPSK tidak kaget atas hal tersebut.

Juru bicara LPSK Rully Novian mengatakan hal tersebut didasari investigasi dan temuan LPSK, sejak awal kasus ini menyeruak ada potensi yang menunjukkan PC menjadi tersangka.

"Nggak (kaget). Hasil investigasi LPSK itu menunjukkan memang ada potensi ke sana. Tapi kami bukan mendahului, bukan prediksi. Kita kan bicara penelaahan, bicara fakta. Ada potensi ke sana," kata Rully di kantor LPSK, Jumat (19/8/2022).

Kendati demikian, pihaknya tidak mau mendahului penyidik dalam hal ini kepolisian. Sebab, penyidik memiliki pertimbangan tertentu dalam penetapan PC sebagai tersangka.

"Terkait dengan posisi Ibu PC sebagai tersangka saat ini, tentu itu wilayahnya penyidik. Penyidik punya keterangan-keterangan alasan mengapa menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka," ujarnya.

Rully menambahkan potensi ini juga menjadi salah satu alasan LPSK menolak permohonan perlindungan PC di kasus tersebut. Selain itu, potensi tersangka ini terlihat dari keterangan PC yang berubah sejak awal.

"Salah satu bahan pertimbangan kita juga itu, tapi bukan mendahului ya. Artinya potensi jadi tersangka itu memang ada sejak awal. Kan kita analisis kan, analisis ya kan tentu ada proyeksinya ke depan. Proyeksinya kan menempatkan yang bersangkutan, pertama sudah dihentikan laporannya, artinya keterangannya yang di awal sudah tidak relevan lagi untuk penanganan kasus saat ini," jelasnya.

Sebelumnya, Polri menetapkan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC), sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Total telah ada lima tersangka dalam kasus ini.

Penyidikan laporan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, terkait dugaan pelecehan seksual terhadap dirinya di rumah dinas Duren Tiga, Jaksel, dihentikan.Penyidikan laporan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, terkait dugaan pelecehan seksual terhadap dirinya di rumah dinas Duren Tiga, Jaksel, dihentikan. (Foto: Dok. TikTok @revalalip)

"Penyidik menetapkan Saudari PC sebagai tersangka," kata Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, tadi.

Putri dianggap terlibat dalam terkait tewasnya Brigadir J.

Tonton Video: 2 Alat Bukti yang Jerat Putri Candrawathi Jadi Tersangka Pembunuhan

[Gambas:Video 20detik]




(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT