ADVERTISEMENT

Menlu Singapura-Kepala BP Batam Bahas Investasi di Nongsa Digital Park

Dea Duta Aulia - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 13:23 WIB
Kepala BP Batam dan Menlu Singapura
Foto: BP Batam
Jakarta -

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Kedua Singapura Mohamad Maliki Osman di Marriot Hotel, Kamis (18/8). Kunjungan ini untuk memperkuat kerja sama antara Kota Batam dengan Singapura.

Dalam pertemuan tersebut juga turut hadir Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait dan sejumlah pejabat Kemenlu Singapura.

"(Kunjungan) Ini merupakan kali pertama ke Indonesia setelah COVID-19. (Setelah) Pelonggaran COVID-19, pasti saya ingin ke Batam dulu. Menyelenggarakan rapat saya dengan pak Rudi. Melihat bagaimana selepas pelonggaran COVID-19," kata Rudi dalam keterangan tertulis, Jumat (19/8/2022).

Ia menjelaskan adapun kerja sama ini akan meningkatkan peluang investasi di Nongsa Digital Park. Serta investasi baru di Nongsa Digital Town.

Dua kawasan tersebut hadir sengaja didesain untuk menggenjot sektor ekonomi digital serta menjadi jembatan penghubung antara perusahaan digital Tanah Air dengan Singapura.

"Kita bincangkan bagaimana kita menarik lebih banyak kaki tangan (delegasi) dan Singapura membantu menyokong dari segi training dan kemahiran," katanya.

Ia menuturkan investasi terbesar Batam berasal dari Singapura. Tercatat pada Semester I 2022 Januari sampai Juni, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal mencatat nilai investasi Singapura di Batam mencapai 3,845 triliun.

"Tadi sudah duduk mudah mudahan ada solusi. Sehingga ada peningkatan investasi di Kota Batam," jelasnya.

Menurutnya, hubungan baik antara Singapura dengan Batam tidak hanya sebatas dari sisi investasi saja. Namun dari sisi lain, seperti COVID-19, Singapura kerap memberikan bantuan ke Kota Batam.

"Mudah-mudahan hubungan berjalan baik, maka investasi Kota Batam akan lebih lancar," jelasnya.

Lihat juga video 'PT Charoen Pokphand Indonesia Perluas Jalur Pasar Ekspor Produk Unggas ke Singapura':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT