ADVERTISEMENT

Korban Kebakaran Tambora: Identitas dan Penyebab Kebakaran

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 13:09 WIB
Korban kebakaran di Tambora, Jakarta Barat sudah berhasil diidentifikasi. Dari enam korban tewas, empat di antaranya telah diketahui identitasnya.
4 Korban Kebakaran Tambora yang Berhasil Teridentifikasi (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Korban kebakaran di Tambora, Jakarta Barat sudah berhasil diidentifikasi. Dari enam korban tewas, empat di antaranya telah diketahui identitasnya dan diserahkan kepada pihak keluarga.

Berdasarkan informasi sebelumnya, sebuah tempat indekos di Tambora, Jakarta Barat terbakar pada Rabu (17/8/2022). Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Korban Kebakaran Tambora: 6 Tewas, 1 Luka Ringan

Kebakaran indekos di Tambora, Jakarta Barat menewaskan enam orang dan membuat satu orang terluka. Peristiwa itu terjadi di sebuah ruko, Jalan Duri Selatan 1, Kelurahan Duri Selatan, Kecamatan Tambora.

"(Ada) 6 orang meninggal, ada satu orang luka ringan," kata Kasiops Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat Syarifuddin, dikutip detikcom, Jumat (19/8/2022)

Syarifuddin mengatakan pihaknya mendapat laporan kebakaran pukul 06.36 WIB. Kemudian, api baru bisa dipadamkan pukul 07.20 WIB.

Korban kebakaran di Tambora, Jakarta Barat sudah berhasil diidentifikasi. Dari enam korban tewas, empat di antaranya telah diketahui identitasnya.Korban kebakaran di Tambora, Jakarta Barat sudah berhasil diidentifikasi. Dari enam korban tewas, empat di antaranya telah diketahui identitasnya. (Foto: detikcom/Ilustrasi: Edi Wahyono/det)

Data 4 Korban Tewas Akibat Kebakaran Tambora

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Rumah Sakit PolriKramat Jati, Jakarta Timur, melakukan proses identifikasi pada enam korban kebakaran diTambora. DVI Commander Operasi Kebakaran Tambora, Kombes Ahmad Fauzi telah mengumumkan data empat orang dari enam korban tewas tersebut. Berikut datanya:

  1. Alex Candra, pria 21 tahun, alamat Desa Karang Mulya RT 012 RW 002 Kelurahan Karang Mulya, Kecamatan Lubui, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan
  2. Gholib Mawardi, pria 27 tahun, alamat Sidamulya, Kelurahan Sidamulya, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
  3. Hamid, pria 19 tahun, alamat Kampung Ranca Gelang, Desa Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat
  4. Edi Sunarto, pria 40 tahun, alamat Jalan Mentoragan, Kelurahan Sumberagung, Grabag.

Korban Tewas Akibat Terjebak Terali

Kasi Humas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Moch Taufik Iksan mengatakan enam orang yang meninggal dunia adalah para penghuni kos. Para korban diduga tidak sempat menyelamatkan diri saat api membakar bangunan.

"Enam orang meninggal dunia akibat kebakaran tersebut diduga korban tidak bisa menyelamatkan diri karena kondisi rumah ditutup oleh terali besi," kata Taufik, dikutip detikcom, Jumat (19/8/2022).

Keenam orang korban tewas itu tinggal di lantai berbeda. Petugas menemukan korban kebakaran Tambora berupa lima orang meninggal dunia di lantai tiga dan satu orang yang meninggal di lantai empat.

Kebakaran di Tambora: Dipicu oleh Kipas Angin

Polisi mengungkap pemicu kebakaran rumah kos di Tambora, Jakarta Barat. Berdasarkan pernyataan polisi, kebakaran tersebut dipicu oleh korsleting listrik dari kipas angin.

"Karena yang punya kamar tersebut sudah kita periksa. Yang bersangkutan meninggalkan kosan itu jam 5 pagi. Kemudian dia lupa mencabut kipas angin. Jadi, kipas anginnya dalam keadaan nyala," kata Kapolsek Tambora Kompol Rosana Albertina Labobar saat diwawancarai, Kamis (18/8/2022).

Ketika polisi dan penyidik datang memeriksa TKP, pihak Rosana menemukan steker listrik kipas angin masih tertancap di stopkontak. Salah seorang saksi, mengaku melihat api berasal dari penghuni kosan yang berada di salah satu kamar di lantai 2.

"Di mana saat tetangga kamarnya memastikan bahwa asal api berasal dari pemilik kosan atau penghuni kosan," ucapnya.

Simak video 'Korban Kebakaran Tambora Jakbar yang Telah Diserahkan ke Keluarga':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT