ADVERTISEMENT

Mendes PDTT Perintahkan Jajaran Genjot Reformasi Birokrasi

Atta Kharisma - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 20:03 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar
Foto: Dok. Kemendes PDTT
Jakarta -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan target skor penilaian reformasi birokrasi di Kemendes PDTT naik menjadi angka 85. Oleh karenanya, ia mengimbau seluruh jajaran meningkatkan reformasi birokrasi melalui pendampingan dari Kementerian PANRB.

"Saya yakin dengan adanya pendampingan dari Kementerian PANRB maka skor 85 itu tidak sulit, karena sebenarnya instrumennya telah ada. Tinggal butuh penegasan dan komitmen bersama untuk mewujudkannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Hal ini ia sampaikan saat menghadiri acara Penguatan Reformasi Birokrasi dan puncak rangkaian kegiatan HUT ke-77 RI bersama Nyai Lilik Umi Nashriyah di Lapangan Utama Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Kamis (18/8).

Halim mengajak seluruh keluarga besar Kemendes PDTT untuk senantiasa mengucapkan rasa syukur dan mengisi kemerdekaan dengan berbagai ikhtiar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Saya yakin dengan semangat kebersamaan yang kita bangun dalam peringatan HUT ke-77 RI ini ke depannya Kemendes PDTT bakal tampil lebih baik lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Sekjen Kemendes PDTT Taufik Majid dalam laporannya mengatakan nilai reformasi birokrasi di lingkungan Kemendes PDTT pada tahun 2021 turun menjadi 270,06. Oleh karena itu, momentum peringatan HUT Ke-77 RI menjadi kesempatan untuk melakukan penegasan kembali dan bersama memperbaiki nilai reformasi birokrasi.

"Sejumlah hal yang dilakukan sesuai arahan Gus Menteri, yaitu penyetaraan jabatan yang menjadi tanda suksesnya pelaksanaan reformasi birokrasi, termasuk meningkatkan pelayanan publik secara baik, mendukung akuntabilitas dan transparansi dalam lingkungan Kemendes PDTT," tuturnya.

Taufik menambahkan Ombudsman RI dalam waktu dekat akan melakukan survei pelayanan publik. Sehingga, Kemendes PDTT terus berbenah dengan memberi pelayanan satu pintu.

Menurutnya, Sentra Informasi Layanan Informasi Masyarakat (Selaras) menjadi salah satu cara untuk mewujudkan peningkatan pelayanan publik.

Dalam kesempatan itu, Taufik memimpin pembacaan tujuh poin penguatan reformasi birokrasi yang diikuti oleh Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kemendes PDTT. Penegasan komitmen itu turut ditandatangani oleh Mendes PDTT dan Wamendes.

Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Mendes PDTT Budi Arie Setiadi dan Zara Murzadina serta pejabat tinggi di lingkungan Kemendes PDTT.

Simak juga 'Sewindu UU Desa, Mendes Ingin Warga Desa Melek Data':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT