ADVERTISEMENT

Cegah Calo, Kanwil Kemenkumham Banten Buka Layanan Satu Pintu di Tangerang

Khairul Ma'arif - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 19:39 WIB
Kanwil Kumham Banten Buka Layanan Satu Pintu di Tangerang
Kanwil Kumham Banten Buka Layanan Satu Pintu di Tangerang (Khairul/detikcom)
Tangerang -

Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Banten membuka layanan informasi satu pintu di Kantor Imigrasi Kota Tangerang. Layanan ini untuk memberantas praktik percaloan terhadap layanan Kemenkumham Kanwil Banten.

"Iya salah satunya seperti itu (memutus rantai percaloan). Jadi sebenarnya ini nih satu pintu, jadi selain pembuatan paspor, yang bersangkutan juga bisa menanyakan bagaimana proses perizinan kekayaan intelektual perseroan perorangan. Misalnya ada tetangganya yang sedang belajar di lapas dan utang, bisa nanyakan kemarin dapat remisi tidak," kata Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Banten Tejo Harwanto kepada wartawan, Kamis (18/8/2022).

"Apa benar remisi itu bayar, apa bener BP itu Bayar, nah kita kasih informasi. Kalau di luar regulasi itu berarti menyalahi wewenang yang bersangkutan terhadap layanan," tambah Tejo.

Tejo menjelaskan, untuk saat ini, layanan informasi ini hanya ada di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tangerang saja. Namun ia tidak menampik kemungkinan ke depannya akan ada di satuan kerja lainnya di Kumham Banten.

"Khususnya saat ini hanya di sini. Mudah-mudahan ke depan bisa tempatkan di beberapa satuan kerja misalnya di Kanim Serang atau di lapas," ucap Tejo.

Menurutnya, bukan hal yang tidak mungkin jika nantinya di lapas bisa memberikan informasi tentang paspor atau memberikan informasi perihal kekayaan intelektual.

"Itu lebih efisien yang dapat disampaikan kepada masyarakat. Mudah-mudahan kan, masyarakat kan waktunya lebih terbatas pelayanan dimaksimalkan," bebernya.

Simak juga 'Kenapa Bikin Paspor Butuh Waktu Lama? Ini Kata Imigrasi':

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT