ADVERTISEMENT

Hal Meringankan Vonis Putra Siregar-Rico Valentino di Kasus Penganiayaan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 15:35 WIB
Jakarta -

Terdakwa bos PStore, Putra Siregar, dan Rico Valentino divonis 6 bulan bui terkait kasus penganiayaan terhadap Muhammad Nur Alamsyah. Hal yang memberatkan vonis adalah perbuatan para terdakwa menyebabkan korban luka-luka.

"Hal-hal yang memberatkan, perbuatan para terdakwa telah menyebabkan saksi korban luka-luka di pipi kanan," kata hakim ketua Kamijon di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jaksel, Kamis (18/8/2022).

Hakim Kamijon menyebutkan hal-hal yang meringankan adalah perbuatan Rico Valentino diakibatkan salah paham yang melihat temannya, yakni selebgram Chika Chandrika, menangis. Hakim menyebut perbuatan Putra Siregar juga karena ingin melindungi Rico Valentino.

"Hal-hal yang meringankan, perbuatan Rico Valentino diakibatkan oleh salah paham yang melihat temannya Chika sedang menangis, sehingga terdakwa ingin melindungi temannya. Perbuatan Putra Siregar didorong oleh keinginan melindungi dan membantu temannya yaitu terdakwa II Rico Valentino," ujar hakim.

"Para terdakwa mengakui perbuatannya merasa menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi," ungkapnya.

Sebelumnya, Putra Siregar dan Rico Valentino divonis 6 bulan bui terkait kasus penganiayaan. Hakim menyatakan Putra Siregar dan Rico Valentino terbukti bersalah menganiaya Muhammad Nur Alamsyah.

"Mengadili, menyatakan, Terdakwa I Putra Siregar dan Terdakwa II Rico Valentino terbukti bersalah melakukan tindak pidana dengan terangan-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang," kata hakim ketua Kamijon di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/8).

"Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa I Putra Siregar dan Terdakwa II Rico Valentino masing-masing dengan pidana penjara selama 6 bulan penjara," imbuhnya.

Putra Siregar dan Rico Valentino terbukti bersalah melanggar Pasal 170 ayat (1) KUHP.

(whn/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT