ADVERTISEMENT

Antusias Warga Indonesia di Bangkok Rayakan HUT ke-77 RI

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 00:53 WIB
Perayaan HUT ke-77 RI di KBRI Bangkok
Perayaan HUT ke-77 RI di KBRI Bangkok (Foto: KBRI Bangkok)
Jakarta -

KBRI Bangkok menggelar upacara HUT ke-77 RI dengan penuh khidmat. Upacara dipimpin oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman dengan Komandan Upacara Kolonel Pasukan Firman Manurung, Atase Udara KBRI Bangkok.

Upacara digelar di lapangan sepakbola KBRI Bangkok. Sebanyak 23 pelajar Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Perayaan HUT ke-77 RI pada tahun ini terasa lebih semarak, karena sebelumnya dilakukan secara virtual. KBRI Bangkok menyelenggarakan kegiatan HUT RI tahun ini dengan mempertimbangkan perkembangan situasi Covid-19 di Thailand. Pemerintah Thailand sejak awal tahun 2022 telah melakukan relaksasi pembatasan Covid-19 secara bertahap. Kegiatan berkumpul yang melibatkan partisipasi publik telah dapat dilakukan dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang baik.

Sekitar 300 masyarakat Indonesia sekaligus menjadi peserta upacara memanfaatkan momentum ini untuk saling bersilaturahmi. Rasa kekeluargaan dan keceriaan tampak terasa dalam pertemuan tersebut.

Sejumlah kelompok masyarakat berkumpul mulai dari komunitas Indonesia Diaspora Network Thailand (IDN), Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (PERMITHA), Indonesia-Thai Chamber of Commerce (INTCC), dan organisasi keagamaan lainnya. Pada kesempatan tersebut juga hadir Atlet Hockey Nasional Indonesia yang telah mengikuti kejuaraan the 2022 Men's and Women's Indoor Asia Cup di Bangkok dan 28 orang delegasi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) yang berasal dari Makassar.

Antusiasme yang tinggi dari masyarakat Indonesia di Bangkok dan sekitarnya menunjukkan semangat kebersamaan, persaudaraan dan nasionalisme yang tinggi meskipun tengah berada jauh dari tanah air. Upacara HUT Ke-77 RI ini bagian dari rangkaian kegiatan KBRI Bangkok dalam merayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dua bulan sebelumnya, KBRI Bangkok dengan melibatkan partisipasi masyarakat Indonesia telah memulai kegiatan pertandingan olah raga seperti Bola Voli, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Memancing, Gaple, Catur, Sepak Bola, Lomba Anak dan Bowling. Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah syukuran, bazaar dan pesta rakyat yang akan diselenggarakan di KBRI Bangkok pada tanggal 20 Agustus 2022.

Pada kegiatan syukuran, bazar dan pesta rakyat akan dimeriahkan oleh aneka produk dan kuliner Indonesia serta pertunjukan antara lain tarian dan musik yang ditampilkan oleh masyarakat Indonesia di Thailand serta penampilan yang khusus didatangkan dari Jakarta. KBRI Bangkok juga berpartisipasi secara virtual pada Upacara Detik-detik Proklamasi yang dilaksanakan di Istana Negara.

Perayaan HUT ke-77 RI di KBRI BangkokDuta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman (Foto: KBRI Bangkok)

Duta Besar Rachmat menyampaikan bahwa pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ini adalah ungkapan rasa syukur dan kegembiraan dalam memaknai hari kemerdekaan Indonesia serta untuk terus memupuk jiwa nasionalisme, khususnya masyarakat Indonesia yang berada di Thailand. Dia mengingatkan masyarakat Indonesia untuk terus bangkit.

"Warga masyarakat Indonesia untuk bangkit bekerja dan berusaha untuk menjadi lebih baik dalam beraktivitas disamping tetap menjaga diri. Hal ini sebagaimana motto perayaan HUT RI ke-77 Kemerdekaan Indonesia pada tahun ini yaitu 'pulih lebih cepat bangkit lebih kuat'," ungkapnya.

(eva/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT