Cerita Kolonel Andike Sry Ditunjuk Jadi Komandan Upacara HUT RI di Istana

ADVERTISEMENT

Cerita Kolonel Andike Sry Ditunjuk Jadi Komandan Upacara HUT RI di Istana

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 17:11 WIB
Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia menceritakan persiapannya saat ditunjuk menjadi komandan upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka. Andike mengatakan tugas ini merupakan kepercayaan yang harus dijalankan sebaik-baiknya.

"Yang saya rasakan pertama kali mendapatkan perintah untuk memimpin upacara detik-detik proklamasi adalah ini adalah tantangan. Ini adalah beban dan ini adalah tanggung jawab yang berat bagi saya. Tetapi amanah ini dan kepercayaan ini harus saya jalankan harus saya siapkan sebaik-baiknya," kata Andike dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/8/2022).

Andika mengatakan persiapan matang harus dilakukan mulai fisik hingga mental. Dia ingin menjadikan pengalaman menjadi komandan upacara ini sebagai cerita yang indah.

"Jadi dari persiapan yang matang, baik itu mental, fisik, dan juga doa yang kuat. Kita harus momen ini tidak akan terulang untuk yang kedua kalinya. Saya akan membuat cerita indah bagi hidup saya," ujar Andike.

Dia juga mendukung upacara HUT RI di Istana berjalan lancar. Karena itu, Andike bersiap dalam menghadapi tantangan.

"Juga mendukung kelancaran dari kegiatan upacara negara kita, dalam rangka detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-77 ini dan saya harus siap menghadapi tantangan tersebut," imbuh dia.

Seperti diketahui, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia ditunjuk menjadi komandan upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada pagi tadi. Saat ini, dia menjabat Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Sedangkan Kapten Inf Arya Dwinanda Wijayendra bertindak sebagai komandan kompi Paskibraka. Saat ini, ia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Yonmek 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya.

Adapun bertindak sebagai perwira upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Pria kelahiran Bangkalan, 10 November 1971, itu saat ini menjabat Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Simak video 'Momen Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/rdp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT