ADVERTISEMENT

Tak Hadiri Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka, SBY Masih di Malaysia

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 16:11 WIB
SBY kembali menciptakan lagu yang bertujuan untuk memberikan semangat di tengah pandemi virus corona COVID-19. Lagu ini pun dinyanyikan oleh sederet penyanyi Tanah Air. Mulai dari Yuni Shara, Sandhy Sondoro, hingga Lala Karmela. Seperti apa?
Susilo Bambang Yudhoyono (Foto: dok. 20detik)
Jakarta -

Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak hadir dalam upacara HUT ke-77 RI. SBY tidak hadir karena masih berada di Malaysia.

"Benar (masih di Malaysia), Pak SBY dan rombongan ikut upacara di KBRI Malaysia tadi," ujar Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani saat dimintai konfirmasi, Rabu (18/8/2022).

SBY diketahui berangkat ke Malaysia sejak Minggu (14/8). Dia juga tidak bisa hadir ke sidang tahunan 2022 di gedung DPR, Jakarta.

Kamhar mengatakan SBY rencananya akan kembali ke Tanah Air besok (Kamis, 18/8). Sebelum pulang ke Indonesia, SBY dan rombongan akan menyaksikan pertandingan persahabatan bola voli.

"Jadi rencananya besok baru balik ke Indonesia. Sore ini menyaksikan pertandingan persahabatan tim bola voli Lavani dengan tim bola voli Malaysia," ucap Kamhar.

Meski begitu, SBY selaku Presiden ke-6 RI mengirimkan sebuah video testimoni ke Sekretariat Negara. Isinya menceritakan pengalaman SBY ketika menjabat presiden. SBY menceritakan bagaimana dia menangani bencana tsunami di Aceh dan krisis global pada 2008.

"Pertama adalah kebersamaan dan ketangguhan kita dalam menghadapi bencana tsunami akhir 2004. Bencana terdahsyat di dunia di awal abad ke-21. Serta bencana-bencana lain seperti gempa Jogja dan gempa Padang yang skalanya besar," kata SBY dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden.

"Akhirnya alhamdulillah bencana bisa kita atasi dan semua daerah yang terkena bencana bisa kita bangun kembali," imbuh SBY.

Pengalaman kedua yang diceritakan SBY adalah ketika Indonesia terdampak krisis ekonomi global. Menurut SBY, Indonesia berhasil melalui krisis itu berkat persatuan bangsa.

"Contoh yang kedua adalah ketika Indonesia terdampak oleh krisis ekonomi global pada 2008 dan 2009. Krisis yg merontokkan ekonomi hampir semua negara. Lagi-lagi kita tidak panik, tidak kehilangan semangat dan kehilangan akal, dan tidak menyalahkan keadaan," ujar SBY.

"Kita bersatu dan bekerja bersama, mulai pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, para ekonom, para pelaku bisnis, para organisasi pekerja, pers dan media, dan masyarakat luas. Itulah kebersamaan kita, persatuan kita," tutur SBY.

Lihat video 'Momen Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT