ADVERTISEMENT

Gelorakan Cinta Laut, KKP Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Mandeh

Erika Dyah - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 13:04 WIB
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar upacara bawah laut di perairan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Upacara di kedalaman 8 meter selama kurang lebih 25 menit ini digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengungkap kegiatan ini diikuti 33 penyelam profesional yang terdiri dari tim KKP, Pemerintah Daerah, akademia, komunitas selam, dan para peserta Turnamen Fotografi dan Videografi Bawah Laut Exploring Mandeh Road To Bulan Cinta Laut.

Para peserta upacara berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan seluruhnya memiliki sertifikat menyelam. Trenggono memastikan lokasi penyelam jauh dari kawasan terumbu karang agar tidak mengganggu ekosistem laut meski diikuti banyak peserta.

"Kegiatan ini memberikan pesan penting bahwa KKP akan terus berupaya menjaga kesehatan ekologi dan kekayaan sumber daya kelautan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak," ujar Trenggono dalam keterangan tertulis, Rabu (17/8/2022).

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, TB Haeru Rahayu yang menjadi inspektur upacara menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam upacara tersebut.

Ia mengaku optimis kegiatan upacara bawah air dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya wisatawan tentang pentingnya menjaga kesehatan laut. Menurutnya, kepedulian bersama menjadi kunci utama upaya memulihkan kesehatan laut yang sudah dilakukan mendapatkan hasil maksimal.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP TB Haeru Rahayu saat prosesi pelepasan peserta upacara bawah laut memperingati HUT ke-77 RI di lapangan PP Carocok Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu (17/8/2022). TB Haeru menjadi Inspektur pada upacara yang diikuti puluhan penyelam profesional yang berlangsung di perairan Mandeh tersebut.Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP TB Haeru Rahayu saat prosesi pelepasan peserta upacara bawah laut memperingati HUT ke-77 RI di lapangan PP Carocok Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu (17/8/2022). TB Haeru menjadi Inspektur pada upacara yang diikuti puluhan penyelam profesional yang berlangsung di perairan Mandeh tersebut. Foto: KKP

"Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak masyarakat mencintai laut. Kesehatan laut ini akan mempengaruhi masa depan anak cucu kita di masa depan. Langit bisa biru karena laut, kita bisa makan minum juga karena laut," terangnya.

Sementara itu, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto menerangkan peringatan HUT RI di perairan Mandeh merupakan rangkaian acara Exploring Mandeh Road To Bulan Cinta Laut (BCL) yang berlangsung dari 17-21 Agustus 2022 di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang.

Saat melakukan penyematan alat selam dan penyerahan bendera merah putih kepada Inspektur Upacara di PP Carocok Tarusan yang menjadi lokasi pemberangkatan peserta upacara, Doni mengungkap pihaknya juga menggelar aksi membersihkan perairan bawah laut di sekitar lokasi penyelaman (underwater clean-up) dalam rangkaian acara ini.

"Pesannya sangat jelas, KKP menggelorakan pentingnya menjaga kesehatan ekologi. Saat lautnya sehat, kita bisa mendapatkan manfaat dari banyak sisi, baik itu sosial maupun ekonomi," tutur Doni.

Lebih lanjut, KKP juga menggelar turnamen foto dan video bawah laut dengan objek salah satunya BMKT MV Boeloengan yang tenggelam pada masa Perang Dunia II. Usai melakukan sesi foto maupun video, para peserta membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitaran lokasi penyelaman lalu dibawa ke daratan.

Selain itu, ada Festival Maelo Pukek, serta aksi bersih-bersih sampah di Pantai Purus Kota Padang yang akan diikuti ratusan orang dari berbagai lapisan masyarakat. Diketahui, BCL merupakan bagian dari kebijakan ekonomi biru yang digagas Trenggono untuk mengentaskan persoalan sampah plastik di laut. Rencananya program ini akan dimulai pelaksanaannya secara nasional pada Oktober 2022.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT