ADVERTISEMENT

Ketegasan Kapolri Dinilai Jadi Kunci Pengungkapan Tewasnya Brigadir J

Dhani Irawan - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 22:49 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan penanganan terbaru kasus tewasnya Brigadir J di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022). Eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dinilai menjadi kunci penting dalam pengungkapan kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Peran langsung Kapolri dianggap akan bisa membuat kasus tersebut terang benderang.

"Yang paling berperan dalam pengungkapan ini tentunya ya Kapolri, karena dengan Kapolri mengambil alih kasus ini maka semua komponen di internal kepolisian juga tidak lagi merasa ewuh pakewuh dan akhirnya bekerja sebagaimana mestinya, yaitu profesional dan transparan," kata tokoh aktivis mahasiswa '80-an, Jumhur Hidayat, Selasa (16/8/2022).

Dia meyakini pengungkapan peristiwa pembunuhan itu sudah makin mengerucut sehingga segera bisa menyingkap tabir gelap tentang kejadian sesungguhnya. Menurutnya, peran publik juga tak kalah penting sebagai kontrol bersama agar penanganan kasus tetap berjalan semestinya.

Dia meminta publik memberi kesempatan kepada Kapolri untuk menuntaskan kasus secara komprehensif. Dia juga mendukung Kapolri untuk melakukan bersih-bersih di tubuh Polri agar sesuai dengan slogan 'Presisi' (prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan).

"Melihat langkah-langkah yang dilakukan Kapolri sih saya optimis karena pendekatan Presisi ini sedang dilakukan oleh seluruh jajaran Polri dalam mengungkap kasus pembunuhan ini," katanya.

4 Tersangka Brigadir J

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengumumkan daftar tersangka kasus kematian Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Polri telah menetapkan empat orang menjadi tersangka kasus Brigadir J.

Seperti diketahui, sebelumnya Bharada E alias Bharada Richard Eliezer menjadi tersangka pertama yang telah ditetapkan. Kemudian ada tersangka RR dan KM yang juga ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus tersebut.

Kini tersangka baru yang telah diungkapkan oleh Polri adalah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Dengan penetapan Irjen Sambo menjadi salah satu tersangka kasus tewasnya Brigadir J, sekarang total tersangka ada empat orang.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto juga telah menyebut daftar keempat tersangka kasus Brigadir J adalah Bharada RE, Bripka RR, KM, dan Irjen FS. Berikut ini daftar empat nama tersangka kasus Brigadir J yang telah ditetapkan dan diketahui sejauh ini:

1. Bharada E atau Bharada RE adalah Bharada Richard Eliezer
2. Tersangka RR atau Brigadir RR adalah Brigadir Ricky Rizal
3. Tersangka Kuat Ma'ruf
4. Irjen Ferdy Sambo adalah mantan Kadiv Propam Polri

(dhn/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT