ADVERTISEMENT

Kondisi Bocah yang Leher Bolong Usai Ditendang Sapi, Kini Sudah Operasi

Tim berbuatbaik.id - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 18:47 WIB
Rafli memiliki lubang di lehernya akibat ditendang sapi. Kini, selang di tenggorokan Rafli sudah diganti sehingga rongga saluran napasnya lebih baik.
Kondisi Bocah yang Leher Bolong Usai Ditendang Sapi, Kini Sudah Operasi (Foto: berbuatbaik.id)
Jakarta -

Pada 9 Juni lalu adalah waktu yang mendebarkan bagi Rafli, anak yang punya lubang di lehernya akibat ditendang sapi. Pasalnya hari itu dokter di RSCM Jakarta memutuskan untuk melakukan pergantian cannule Trakeostomi pada Rafli.

Pembedahan medis ini bertujuan mengganti selang di tenggorokan Rafli sehingga rongga saluran napas Rafli lebih baik. Dalam operasi ini Rafli ditemani sang ayah, Alfadison, dan relawan berbuatbaik.id sekaligus Tapak Humanity, Abu Hanifah.

"Bagi saya, ini adalah suatu pendampingan pasien secara totalitas. Belum pernah saya harus masuk ke dalam ruangan operasi mendampingi pasien," ucap Abu Hanifah yang biasa dipanggil Babe kepada tim berbuatbaik.id

Selepas operasi, Babe mengatakan kondisi Rafli baik namun beberapa waktu belum bisa mengeluarkan suara ketika berbicara. Namun kondisinya membaik dan kembali ceria seperti sedia kala.

"Kalau ditutup buat lancar suara, kalau gak ditutup anginnya keluar kencang," kata Rafli mencoba membuka tutup lubang kanul di lehernya.

Selepas operasi, Babe dan ayahnya membawa Rafli berbelanja. Rafli memanfaatkan donasi dari sahabat baik untuk membeli sepatu dan handphone baru, mengingat ponsel satu-satunya milik Rafli dan ayahnya rusak. Sehingga mereka kesulitan untuk berkomunikasi dengan keluarganya di Sawahlunto, Sumbar.

Rafli memiliki lubang di lehernya akibat ditendang sapi. Kini, selang di tenggorokan Rafli sudah diganti sehingga rongga saluran napasnya lebih baik.Kondisi terkini Rafli pasca operasi selang tenggorokan. (Foto: berbuatbaik.id)

Tak lama setelah itu, kabar baik pun datang. Tim dokter menyatakan Rafli boleh kembali ke rumahnya dan menjalani perawatan lanjutan serta penutupan lubang lehernya di RS M Djamil Padang. Kabar ini tentu disambut gembira Rafli dan ayahnya. Tak butuh waktu lama, Rafli dan ayahnya berkemas untuk kembali ke tempat keluarga tersayangnya berada di Sawahlunto.

Babe pun ikut mengantarkan anak dan ayah ini ke terminal bus terdekat. Sama seperti sebelumnya, Rafli memilih kembali menggunakan bus daripada pesawat lantaran takut ketinggian.

"Terima kasih sahabat baik telah membawa Rafli berobat ke jakarta," ucapnya bahagia.

Sahabat Baik tinggal selangkah lagi Rafli menuju kesembuhan yang sempurna. Kebahagiaan ini tentu tak lepas dari sumbangsih sahabat baik yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk bocah ini.

Distribusi bantuan juga telah disalurkan bekerja sama dengan lembaga Rumah Asuh. Sahabat Baik, jangan lewatkan info terkini Rafli selanjutnya. Doakan Rafli segera dioperasi penutupan leher ya.

Jangan lupa juga bantu anak-anak lainnya yang membutuhkan melalui berbuatbaik.id dengan Donasi sekarang juga. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Simak juga 'Pilunya Abah Hamdan Hidup Sebatang Kara dari Menjual Pisang Keliling':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT