ADVERTISEMENT

Cerita Saksi soal Viral Atap Mal di Gambir Bocor hingga Air Mengalir Deras

Wildan Noviansyah - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 17:11 WIB
Atap Mal Roxy Mas bocor hingga air mengalir deras (Wildan Noviansyah/detikcom)
Atap Mal Roxy Mas bocor hingga air mengalir deras. (Wildan Noviansyah/detikcom)
Jakarta -

Video yang memperlihatkan air deras terjatuh dari atap sebuah mal di Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus), viral di media sosial. Rupanya, kebocoran itu terjadi di pusat perbelanjaan.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 16.30 WIB, Selasa (16/8/2022), kebocoran terjadi di lantai dua. Sudah tidak terlihat guyuran air deras seperti yang ada dalam video viral.

Di langit-langit, terlihat lubang menganga yang diketahui sebagai sumber air mengalir. Situasi di lokasi sudah normal kembali. Namun di sana masih terpasang papan peringatan lantai licin.

Selain itu, eskalator masih belum beroperasi. Terlihat sejumlah orang menaiki eskalator dengan berjalan kaki.

Salah seorang saksi mata di lokasi, Via, mengatakan atap bocor terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu plafon tiba-tiba ambruk dan air mengguyur deras.

"Keluarnya dari situ deket eskalator dari bolongan-bolongan itu. (Guyuran air) sampai lantai dasar. Orang gede, makin lama makin gede. Nggak tahu dari mana, kayaknya saluran nggak tahu," kata Via di lokasi, Selasa (16/8).

Via menuturkan, saat air mengguyur, eskalator di sana langsung dimatikan. Selain itu, listrik di lantai tiga tempat sumber air mengalir pun sempat mati.

"Iya (eskalator langsung dimatikan). Soalnya itu pas sama buat naik eskalator. Jadi takut jadi dimatiin, tadi sebagian toko lantai tiga juga mati lampu," ujarnya.

Via menambahkan, mal tersebut juga sempat tutup sementara. Mal kembali dibuka pukul 13.00 WIB saat guyuran air sudah tidak menetes.

"Ditutup langsung. Jadi kita baru buka Roxy lagi jam 1 (siang) baru buka lagi. Bisa masuk cuman lewat parkiran sama basement doang. Basement juga ditutup, kalau nggak berkepentingan nggak boleh masuk soalnya nunggu kering dulu takut ada yang kepeleset atau apa apa," jelasnya.

Viral di Media Sosial

Dalam video yang beredar, seperti dilihat pada Selasa (16/8), air mengguyur deras dari atap mal. Akibatnya, terdapat genangan air. Dalam narasi video juga disebutkan bahwa eskalator dimatikan.

Selain itu, beberapa toko di sana terlihat masih beroperasi. Masyarakat yang ada di lokasi pun tampak menyaksikan hal tersebut.

"Roxy banjir," kata perekam video.

Kepala Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan pihaknya belum menerima laporan soal peristiwa tersebut. Asril juga belum merinci lokasi pasti peristiwa tersebut.

"Belum ada laporan. Kita sepanjang tidak ada laporan, nggak (tahu) lah," kata Asril saat dihubungi, Selasa (16/8).

Lihat juga Video: Promo hingga 77 Persen di 96 Mal di DKI Jakarta, Ini Daftarnya!

[Gambas:Video 20detik]

(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT