ADVERTISEMENT

SBY Khawatir Perang Dunia Ketiga Pecah

Gibran Maulana - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 13:24 WIB
SBY di Malaysia (dok. Demokrat).
SBY di Malaysia (Foto: dok. Demokrat)
Jakarta -

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengungkapkan kekhawatirannya soal Perang Dunia III. Ini tidak terlepas dari perang Ukraina yang tidak berkesudahan.

"Saya sangat khawatir soal perang Ukraina dan ke mana arahnya. Kelihatannya tidak ada persatuan global untuk menghentikan perang. Jika situasi ini berlanjut dan tidak ada kekuatan eksternal yang dapat menghentikan permusuhan yang sangat tajam ini, saya takut dunia akan menuju perang total (Perang Dunia III)," kata SBY dalam acara Syarahan Canselor Tuanku Muhriz ke-5 di Universiti Kebangsaan Malaysia, Selasa (16/8/2022).

SBY menilai pemimpin dunia harus peduli dan melakukan sesuatu untuk mengakhiri perang Ukraina. SBY menyebut tidak bertindak hanyalah membuat dunia dalam keadaan bahaya.

"Adapun saya, sebagai mantan pemimpin, saya juga berusaha melakukan sesuatu dengan mengirimkan surat ke Club de Madrid--kelompok mantan presiden dan perdana menteri demokratis--untuk bekerja sama menemukan solusi bagi masalah dunia. Saya senang Club de Madrid merespons positif proposal saya," kata SBY.

SBY mengatakan kerangka yang lebih besar untuk mencegah krisis dunia diperlukan, terutama yang menyangkut urusan geopolitik dan keamanan internasional setelah perang di Ukraina. SBY menilai dunia menghadirkan solusi yang akhirnya bisa diterima oleh Rusia dan Barat, yang terkunci dalam permusuhan sengit hari ini.

SBY menyebut perdamaian masih bisa diraih. Dia mencontohkan masa kepemimpinannya saat mendamaikan Aceh.

"Terlepas dari semua konflik di penjuru dunia, terlepas dari situasi yang tampaknya buntu, selalu ada harapan. Perdamaian selalu mungkin. Anda hanya harus sabar dan terus bekerja. Ini yang terjadi di Aceh ketika masa kepresidenan saya," ujar SBY.

Tak hanya bicara soal masalah dunia, SBY juga menawarkan solusi, khususnya bagi ASEAN. Simak di artikel berikutnya!

Lihat juga Video: Jokowi: Kepercayaan Internasional Meningkat, RI Jembatani Rusia-Ukraina

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT