ADVERTISEMENT

Jokowi Kukuhkan 68 Paskibraka Asuhan BPIP di Istana Negara

Atta Kharisma - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 22:34 WIB
BPIP
Foto: BPIP
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo mengukuhkan 68 anggota calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Calon Paskibraka) menjadi Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022. Jokowi berharap Paskibraka yang merupakan asuhan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu mendapatkan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara.

Proses pengukuhan tersebut dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/8). Dalam kegiatan tersebut, Jokowi didampingi sang istri Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri Wury Estu Handayani.

"Dengan memohon ridha Allah yang maha kuasa, pada hari ini, saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pengibar Bendera Pusaka, yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2022, semoga Tuhan yang mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara, Jakarta, 15 Agustus 2022, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (15/8/2022).

Sebelum pengukuhan, para Paskibraka di bawah arahan Kepala BPIP Yudian Wahyudi membacakan Ikrar Putra Indonesia.

"Ade Savina Fasha, peganglah sang merah putih dengan tangan kananmu dan letak-kan di dada kirimu. Adik-adik ikutilah kata-kata saya dengan kata yang keras dan tegas," serunya.

"Ikrar Putra Indonesia, Aku mengaku Putra Indonesia dan berdasarkan Pengakuan itu, Aku mengaku bahwa aku adalah makhluk tuhan sang Maha Pencipta dan bersumber padanya. Aku mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia, Aku mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia, Aku mengaku bernegara satu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945, Aku mengaku, berjiwa dan ber-Ideologi satu," ucap Yudian diikuti oleh para anggota Paskibraka yang hadir.

"Jiwa dan Ideologi Pancasila dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Aku mengaku bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, Aku mengaku kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa, Aku mengaku sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan Indonesia dengan akhlak dan ikhlas menurut Ridho Tuhan Yang Maha Esa," lanjutnya.

"Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa, Aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati Niatku ini dengan Taufik dan hidayahnya serta inayahnya," tutup Yudian.

Dalam kesempatan tersebut Yudian didampingi Wakil Kepala BPIP Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum dan Sekretaris Utama BPIP Dr. Adhianti, S.I.P., M.S.I.

Di sisi lain, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr. Rima Agristina, S.H., S.E., M.M mengaku bersyukur dan bangga karena calon Paskibraka kini telah dikukuhkan menjadi Paskibraka tingkat pusat tahun 2022 angkatan pertama yang diasuh BPIP.

"Alhamdulillah Capaska sudah dikukuhkan oleh Presiden Bapak Joko Widodo menjadi Paskibraka dan akan bertugas nanti pada tanggal 17 Agustus," ungkapnya.

Ia menambahkan kini Paskibra mengenakan kendit berwarna hijau dan dipasangkan Merah Putih Garuda atau MPG langsung oleh Presiden sebagai lambang penghargaan. Rima berharap pengukuhan langsung oleh Jokowi ini dapat menambah semangat Paskibraka pada proses penaikan dan penurunan sang saka Merah Putih di perayaan HUT RI ke-77 tersebut.

Ia menegaskan Paskibraka yang telah mendapatkan Pendidikan dan Pelatihan selama satu bulan penuh itu akan menjadi kader bangsa yang berkarakter di tengah-tengah masyarakat.

"Semoga semangat Paskibraka ini dapat menyebar kepada seluruh penjuru nusantara, sehingga masyarakat dan Negara Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat untuk Indonesia maju," pungkasnya.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT