ADVERTISEMENT

Korlantas Polri Gelar Pelatihan-Sertifikasi Kompetensi Penerbitan BPKB

Erika Dyah - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 20:56 WIB
Korlantas Polri
Foto: Korlantas Polri
Jakarta -

Sub Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Subdit Regident) Korlantas Polri menggelar pelatihan dan sertifikasi kompetensi penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Kegiatan yang terdiri dari 7 hari pelatihan dan 3 hari sertifikasi ini diikuti 44 peserta dari perwakilan Polda seluruh Indonesia.

"Ini merupakan tindakan untuk meningkatkan kemampuan kepada petugas penerbit BPKB," kata Kasubdit BPKB Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol Purwadi dalam keterangan tertulis, Senin (15/8/2022).

Melalui kegiatan yang berlangsung di Hotel Hive, Cawang, Jakarta Timur ini Purwadi berharap para petugas dapat memberikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat. Terutama agar penerbitan BPKB lebih cepat. Ia pun mengungkap akan ada big data yang menampung berbagai data kendaraan yang bisa diakses oleh masyarakat.

"Melalui big data ini nantinya kita akan membuat program e-Arsip, nanti semua data akan masuk ke ERI Korlantas," ujarnya.

Purwadi menambahkan jika ada kendaraan yang rusak dan tidak bisa digunakan, bahkan dijadikan barang bukti tindak pidana, maka pajak akan tetap ditagihkan.

"Sebenarnya kan begini, orang yang mengalami kecelakaan kendaraannya sudah hancur, kita kan tidak tahu kalau dia tidak lapor, kita akan tetap menagihkan pajaknya, kan begitu," ucap Purwadi.

Oleh karena itu, menurutnya kepolisian akan tetap menunggu pemilik kendaraan untuk melaporkan kendaraannya yang rusak ataupun tidak layak pakai dengan menyertakan bukti-bukti. Supaya nantinya bisa diambil tindakan pemblokiran pajak kendaraan bermotor.

"Sebaiknya bila ada kendaraan tersebut yang sudah hancur dan tidak bisa digunakan agar segera melaporkan biar diblok," pungkasnya.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT