ADVERTISEMENT

Tipu-tipu Jual Mobil Mewah, Polisi Gadungan Ngaku Pengawal di Kementerian

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 19:59 WIB
Ilustrasi Penipuan
Ilustrasi Penipuan (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap pria berinisial IB (30) setelah menipu pria berinisial IS (37) hingga Rp 506 juta dengan mengaku sebagai polisi. Pelaku mengaku kepada korban sebagai pengawal di sebuah kementerian.

"Katanya tersangka ini kerja di salah satu kementerian sebagai pengawal. Oleh pelaku dibilang di kantornya mau ada lelang mobil, ada Alphard, ada Toyota Inova. Terus korban ini tertarik dan nyerahkan uang Rp 506 juta kepada tersangka," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Febri Isman Jaya saat dihubungi, Senin (15/8/2022).

Pelaku dan korban berkenalan pada awal April 2022. Mereka bertemu di sebuah acara festival motor.

Menurut Febri, pelaku selalu mengenakan atribut polisi untuk meyakinkan korban. IB mengaku sebagai polisi dengan pangkat brigadir kepala (bripka).

"Jadi dia kalau ketemu korban pakai atribut polisi. Dia pakai jaket polisi, dia pakai helm polisi. Atribut polisi dipakai sama dia. Pangkatnya bripka," jelas Febri.

Terpedaya dengan modus pelaku yang mengaku sebagai polisi, korban IS tertarik dengan lelang mobil yang ditawarkan pelaku. Korban lalu mengirimkan uang hingga Rp 506 juta.

Korban melaporkan ke Polres Metro Jakarta Utara pada 26 April. Polisi melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku pada awal Agustus.

"Kami amankan dia memang bukan polisi, ngaku-ngaku polisi aja. Duitnya itu sudah dipake foya-foya sama dia," jelas Febri.

Sejumlah barang bukti turut diamankan dari penangkapan pelaku. Barang bukti itu dari atribut polisi hingga senjata airsoft gun.

"Dia pake airsoft gun. Dia ngakunya beli di luar ya. Masih kami dalami," terang Febri.

Pelaku kini telah ditetapkan sebagai tersangka atas pelanggaran di Pasal 378 dan 372 KUHP. Pelaku ditahan di Polres Metro Jakarta Utara.

Simak juga 'Pura-pura Jadi Polisi, 4 Pria di Sleman Peras-Tuduh Orang Pelaku Klitih':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT