ADVERTISEMENT

Pencuri Bersenpi di Bogor Lepaskan Tembakan ke Arah Warga yang Mengejar

Muchamad Sholihin - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 03:17 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi garis polisi (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Bogor -

Dua pencuri bersenjata api (senpi) beraksi di sebuah perumahan di Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Pelaku sempat melepaskan tembakan ke arah warga yang mengejar.

"Saya warga di Forest Hill, kejadiannya beda satu gang sama rumah saya. Itu (pencurian) kejadiannya tadi siang," kata warga Parungpanjang, Ully Hamid, ketika dikonfirmasi detikcom melalui media perpesanan, Minggu (14/8/2022).

Ully menyebut aksi dua pencuri itu dipergoki seorang warga. Keduanya terpergok saat keluar dari rumah salah satu warga perumahan.

"(Rumah) ada penghuni tetapnya, tapi kebetulan lagi keluar. Di situlah kecurigaan muncul, mengapa ada orang keluar dari rumah tetangga kami yang kabarnya sedang tidak di rumah," kara Ully.

Kedua pelaku, kata Ully, langsung diteriaki dan dikejar warga karena berusaha kabur. Warga yang mencoba mengejar langsung menghentikan langkah dan berlindung karena pelaku melepaskan tembakan dari senjata sejenis pistol yang dibawa salah satu pelaku.

"Iya betul, saya tadi yang sempat kejar pelaku itu. Iya dia sempat nembak-nembak ke saya, ada sekitar 3-4 kali nembak ya," kata warga lainnya, Aditya Putra saat dikonfirmasi detikcom.

Aditya menyebut, dua pelaku sempat diadang sekuriti perumahan dengan menutup pintu gerbang klaster. Namun pintu dibuka kembali karena pelaku menodongkan senjata ke arah sekuriti.

"Jadi kejadiannya kan di klaster, nah saya kan teriak-teriak itu ke sekuriti, terus sekuriti sempat tutup gerbang kluster, tapi dia ditodongin senjata jadi dibuka lagi gerbangnya," kata Aditya.

Kedua pelaku kembali diadang di gerbang utama perumahan. Gerbang utama ditutup oleh sekuriti setelah mendapat informasi dari sekuriti di lokasi awal kejadian. Menjelang gerbang utama, warga perumahan yang sudah bersiaga kemudian melempar besi pagar ke arah kedua pelaku yang mengendarai motor hingga jatuh tersungkur.

"Itu pelaku bangun lagi, terus mereka lari ke arah pemukiman di depan perumahan. Disitu satu pelaku ditangkap sama warga. Tapi yang ketangkapnya itu pelaku yang bawa kendaraan, bukan pelaku yang nembak-nembak ke arah saya," kata Aditya.

Seorang pelaku yang berhasil diamankan itu diserahkan ke pihak kepolisian Parung Panjang. Satu senjata mirip pistol juga diamankan dari pelaku yang tertangkap.

"Pelaku sudah dibawa ke Polsek, korban yang punya rumah juga lagi di BAP. Informasi dari korban tadi, barang yang diambil pelaku itu laptop 2 buah, PS4 sama kasetnya, baju, celana sama duit. Kalau total tadi korban bilang sampai 30-40 jutaan," sebut Aditya.

Kanit Reskrim Polsek Parung Panjang Iptu Hernawan membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Saya lagi PAM bola di (stadion) Pakansari, saya belum pastikan lagi ke anggota berapa orang yang diamankan. Kalau berita (laporan) sih sudah ada, tapi saya belum tahu detail, melakukan pencurian apa, barangnya apa. Saya tunggu informasi lengkap dari penyidik. Tetapi kalau kejadiannya memang benar, dan sekarang sedang penyelidikan," kata Hernawan dikonfirmasi melalui telepon.

(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT