ADVERTISEMENT

Dorong Transformasi Ekonomi, KIB Canangkan Program PATEN

Atta Kharisma - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 20:59 WIB
KIB
Foto: Golkar
Surabaya -

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyampaikan visi-misinya untuk membawa kesejahteraan dan kemajuan bagi Indonesia. Salah satunya dengan mencanangkan Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN).

"Sengaja kita melaunching program ke depan yaitu salah satunya adalah Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional, singkatannya PATEN. Jadi, singkatannya KIB PATEN," papar Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto pada acara 'Launching Visi & Misi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)', di Hotel Shangri-La, Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Ketua Umum DPP Partai Golkar itu menilai akselerasi transformasi ekonomi penting sebab bangsa Indonesia saat ini tengah berada di periode krusial.

"Di 2025-2035 bonus demografi kita ini 191 juta penduduk. Nah kita harus mengakselerasi ekonomi agar kita mencapai kesejahteraan dari sekarang. Karena sesudah tahun 2035 itu kita akan menjadi bangsa yang lebih banyak demografi orang tuanya," terangnya.

"Sehingga kalau pada waktu itu kita belum sejahtera, maka kita menjadi tua dan tidak keluar dari middle income trap (negara berpenghasilan menengah)," sambungnya.

Diketahui, KIB PATEN bertujuan mentransformasi ekonomi pra-COVID yang mengasumsikan suku bunga rendah dan kondisi geopolitik stabil menjadi ekonomi pasca-COVID yang mengasumsikan suki bunga tinggi dan adanya tantangan geopolitik, pemanfaatan teknologi digital dan industri 4.0, kepekaan terhadap lingkungan (green and blue economy) dan transisi energi serta penguatan jaring pengaman sosial dan pendidikan yang berkualitas.

Adapun 7 inisiatif utama KIB PATEN di antaranya:

1. Percepatan dan transformasi kesejahteraan rakyat guna memperbesar kelas menengah, menciptakan lapangan kerja produktif, serta menuju negara maju dan sejahtera sebelum kesempatan emas mulai menutup di tahun 2035.

2. Pelayanan kesehatan dan perlindungan sosial untuk seluruh rakyat.

3. Pemerataan akses pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dan berkesetaraan gender, khususnya bagi generasi muda.

4. Ketahanan sistem keuangan, pangan, energi, serta pembangunan yang berkelanjutan dan ekonomi sirkular.

5. Ketahanan NKRI yang kokoh secara ideologi, sosial-budaya, politik yang menyatukan, pertahanan dan keamanan.

6. Transformasi kelembagaan dan birokrasi yang berbasis pada prestasi (Meritokrasi).

7. Kepemimpinan dan hubungan internasional yang berwibawa.

(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT