ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Buka Suara soal Mobil Hias Parade Jakarnaval Terbakar

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 20:40 WIB
Mobil hias Jakarnaval terbakar
Mobil hias parade Jakarnaval terbakar (Foto: Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Kebakaran mobil hias terjadi di venue Jakarnaval 2022 di Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata angkat bicara.

"Sedianya teman-teman bisa lihat bahwasanya ini adalah bentuk kreatifitas dari anak-anak di mana dalam setiap gimmick atau dalam setiap karya di mobil-mobil hias tersebut ada semacam gimmick percikan api, kembang api. Ini yang mengakibatkan hal tersebut terjadi," kata Andhika di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (14/7/2022).

Kendati begitu, Andhika memastikan peristiwa kebakaran tak berlangsung lama sehingga tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pasalnya, petugas gabungan BPBD DKI Jakarta bersama Pemadam Kebakaran disiagakan di sekitar lokasi sehingga mempercepat penanganan.

"Alhamdulillah semua stakeholder, dalam hal ini BPBD dan Gulkarmat langsung bertindak. Alhamdulillah sudah terkendali. Tidak ada (korban jiwa)," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, satu unit mobil hias yang digunakan untuk parade Jakarnaval 2022 terbakar. Peristiwa kebakaran terjadi di dalam trek Formula E atau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) tepat setelah parade Jakarnaval selesai.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (14/8/2022) kebakaran terjadi sekitar pukul 18.43 WIB. Mulanya mobil hias itu dipakai untuk parade pertunjukan terakhir dalam event Jakarnaval 2022.

Mobil itu sempat memunculkan kembang api sebagai tanda penutup acara. Tak lama setelah itu, api mulai menjalar saat mobil hias berjalan menjauhi area panggung.

Hingga akhirnya api membakar seluruh mobil tepat setelah pembawa acara menutup acara parade. Api berhasil dipadamkan oleh petugas menggunakan APAR dalam waktu cepat.

Saat ini sebanyak 1 unit mobil pemadam kebakaran berada di lokasi kebakaran untuk melakukan pendinginan. Asap berwarna hitam masih mengepul di area lokasi. Untungnya, tak banyak pengunjung yang berada di sekitar lokasi kebakaran.

(taa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT