ADVERTISEMENT

Komnas Perempuan Dukung Suami yang Ungkap Pelecehan Istri di Grup WA

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 16:08 WIB
Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah
Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kasus pelecehan yang dialami seorang perempuan di lingkungan kantor viral di media sosial. Komnas Perempuan pun mendukung suami dari perempuan yang mengalami pelecehan ini.

Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah menjelaskan bahwa kasus ini merupakan dasar bahwa lingkungan kerja bukan tempat yang aman. Oleh karena itu, menurutnya, perlu aturan tentang pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kerja.

"Apa yang disampaikan kasus ini menjadi dasar bahwa lingkungan kerja bukan tempat yang aman dan perlu ada aturan tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan kerja," kata Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah kepada wartawan, Minggu (14/8/2022).

Selain itu, ia mengatakan bahwa kasus ini juga bisa diidentifikasi sebagai kasus kekerasan seksual berbasis elektronik.

"Dalam kasus ini dapat diidentifikasikan dua jenis kekerasan seksual yaitu kekerasan seksual berbasis elektronik (KSBE) berbentuk pengambilan foto tanpa persetujuan dan pelecehan seksual non fisik. Di mana keduanya merupakan delik aduan, yang harus diadukan langsung oleh korban," ungkapnya.

Komnas Perempuan mendukung upaya korban dan suami untuk mengadu ke pihak HRD. Sebab, hal ini sesuai dengan SE Menaker.

"Komnas Perempuan mendukung upaya korban dan suaminya untuk mengklaim keadilannya dengan mengadu ke HRD mengingat semua badan usaha memiliki kewajiban untuk menciptakan ruang kerja yang aman dan wajib melaksanakan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. SE.03/MEN/IV/2011 tentang Pedoman Pencegahan Pelecehan Seksual di Tempat Kerja," tuturnya.

Selain itu, Komnas Perempuan mencatat setidaknya pada 2020 ada 91 kasus kekerasan seksual di tempat kerja yang diadukan. Kemudian pada 2021 meningkat menjadi 114 aduan.

Baca halaman selanjutnya.

Simak juga 'Jejak Dugaan Pelecehan ke Istri Sambo yang Akhirnya Disetop':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT