ADVERTISEMENT

Super Garuda Shield Bareng 14 Negara Tanpa China Resmi Ditutup

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 14:23 WIB
Latihan resmi ditutup (Dok. Kabidpenum, Kasubbid Opini Bidpenum Puspen TNI Letkol Laut (KH) Bazisokhi Gea,)
Latihan resmi ditutup. (Dok. Kabidpenum, Kasubbid Opini Bidpenum Puspen TNI Letkol Laut (KH) Bazisokhi Gea)
Jakarta -

Latihan Bersama Super Garuda Shield 2022 resmi ditutup. Latihan ini diharapkan bisa meningkatkan kerja sama dan kemitraan strategis.

Latihan ini resmi ditutup oleh Komandan Kodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono bertempat di Puslatpur Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan, Minggu (14/8/2022).

"Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang dibacakan Komandan Kodiklatad menyampaikan bahwa Latgabma Super Garuda Tahun 2022 bukan hanya sekedar untuk meningkatkan kemampuan interoperabilitas masing-masing Angkatan Bersenjata tetapi juga dalam rangka meningkatkan kemitraan strategis multilateral melalui komitmen persahabatan dan rasa saling percaya sebagai partner strategis yang berperan penting bagi harmoni pertahanan dan keamanan," ujar Komandan Kodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo dalam keterangan tertulis.

Banyak persiapan yang dilakukan demi kelancaran latihan ini. Termasuk latihan amfibi.

"Sudah banyak persiapan yang kita lakukan untuk mendukung kelancaran latihan ini, termasuk dari materi pelajaran serta program latihan lapangan dan maritim yang mencakup pelatihan amfibi, keamanan maritim, operasi militer di medan perkotaan, pertahanan udara, operasi udara dan perebutan lapangan udara," ujarnya.

Panglima TNI juga berharap Latgabma Super Garuda Shield Tahun 2022 ini dapat terus ditingkatkan sebagai bentuk kerja sama dan kemitraan strategis. Semata-mata demi memperkuat interoperabilitas serta diplomasi militer dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas keamanan.

Panglima TNI mengatakan bahwa selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Commander General of the US Army for the Pacific, yang diwakili oleh Lieutenant General James B Jerrad.

"Selamat kembali ke negara dan satuan masing-masing dengan disertai semangat persaudaraan dari kami," ucapnya.

Simak Video 'Militer AS-Indonesia Latihan Bersama, Cegah Perang China-Taiwan?':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT