ADVERTISEMENT

2.259 Personel TNI-Polri Disiagakan Jelang Persikabo Vs Persija di Pakansari

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 13:00 WIB
Polisi
Ilustrasi (Grandyos Zafna/detikcom)
Bogor -

Sebanyak 2.259 aparat gabungan disiagakan untuk mengamankan pertandingan sepak bola antara Persikabo 1973 versus Persija Jakarta di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, malam nanti. Pengamanan berlapis akan dilakukan di sekitar Stadion Pakansari.

"Ada 2.259 personil gabungan yang disiagakan dalam rangka pengamanan selama pertandingan antara Persikabo melawan Persija. Pengamanan berlapis kita lakukan di Stadion Pakansari," kata Kabag Ops Polres Bogor Kompol I Kadek Vemil, Minggu (14/8/2022).

Ribuan personel gabungan yang dilibatkan dalam pengamanan pertandingan Persikabo 1973 versus Persija Jakarta, yakni personel Yonif 315, Kodim Kabupaten Bogor, Brimob Polda Jabar, Brimob Kedunghalang Bogor, Samapta Polda Jabar, personel Polres Bogor, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Bogor. Polisi juga menyiagakan unit Barracuda dan K9.

Kadek menyebut petugas akan memeriksa para penonton sebelum memasuki Stadion Pakansari Cibinong. Pemeriksaan dilakukan sebanyak 4 tahap.

"Jadi kita ada 4 ring pengamanan, setiap titik itu ada pemeriksaan juga. Pemeriksaan tahap pertama atau kita sebut ini ring 4, dilakukan di sekitar SPBU Cikempong arah Pakansari dan perempatan arah Pakansari untuk kendaraan yang datang dari arah Kandang Roda (arah Kota Bogor). Bus kita periksa apakah ada barang berbahaya seperti batu, flare, atau barang membahayakan lain. Kita juga periksa tiket suporter disini," terang Kadek.

Pemeriksaan selanjutnya, kata Kadek, dilakukan di Jalan Pakansari atau sebelum bus rombongan suporter dan kendaraan lainnya memasuki area parkir. Di titik ini, akan dicek kembali barang bawaan suporter dan tiket pertandingan.

"Kemudian pemeriksaan di ring 3 atau tahap 3 kita lakukan ketika bus sampai di area parkir Stadion Pakansari. Ada pemeriksaan ketika mereka turun dari bus menuju gate sesuai tiket yang mereka punya," kata Kadek.

"Terakhir atau ring 1 itu ada di pintu masuk stadionnya. Kita pastikan kembali bahwa yang masuk ke stadion adalah mereka yang memiliki tiket. Kita nggak pakai gelang, sudah ada barcode. Mereka (penonton) diminta tunjukkan barcode tiket sebelum masuk stadion," tambahnya.

Kadek meminta semua suporter dari tim sepakbola untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban, baik sebelum maupun sesudah pertandingan.

"Mohon kerja sama dari semua pihak juga untuk menghimbau atau mengajak menjaga keamanan, ketertiban pelaksanaan liga 1 di Pakansari Bogor, tetap menjadi Bogor aman, Bogor nyaman untuk semua," kata Kadek.

Simak juga '2 Pelaku Penjual Tiket Palsu Pertandingan PSM Makassar Vs Persija Diciduk':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT