Perjuangan Resa Boenard Bangun Asa di Tumpukan Sampah Bantar Gebang

#77PortraitAnakBangsa

Perjuangan Resa Boenard Bangun Asa di Tumpukan Sampah Bantar Gebang

Erika Dyah - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 11:59 WIB
Jakarta - Lahir dan tumbuh di lingkungan yang keras dengan berbagai keterbatasan tak menyurutkan harapan Resa Boenard. Perempuan yang besar di tempat yang dikenal dengan tumpukan sampahnya, yakni Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPSP) Bantar Gebang, ini justru membangun asa kepada anak-anak di sana untuk hidup lebih baik di masa depan melalui pendidikan.

Resa merupakan Co-Founder of The Kingdom of Bantar Gebang Biji (BGBJ), sebuah 'istana' yang didedikasikan untuk membangun asa alias tempat bagi anak-anak di wilayah Bantar Gebang meraih ilmu secara cuma-cuma. Mulanya, ia mendirikan tempat belajar dengan nama 'Sanggar Bantar Gebang atau Sanggar Satu untuk Semua' pada tahun 2004 selepas lulus SMA. Seiring waktu, nama itu pun berganti hingga kini dikenal sebaai BGBJ.

Adapun biji yang dimaksud Resa merupakan nama bagi anak-anak yang menimba ilmu di BGBJ ini. Sebab, anak-anak ini akan menjadi biji atau bibit unggul yang bisa ditanam dan tumbuh dengan baik di masa depan.

Sebagai seseorang yang tumbuh dan tinggal di Bantar Gebang, Resa memahami betul persoalan keterbatasan akses pendidikan bagi para pemulung di sana. Belum lagi soal stigma masyarakat yang kurang ramah kepada anak Bantar Gebang. Bahkan, ia yang berhasil mengenyam pendidikan hingga lulus kuliah pun mengaku kerap mengalami perundungan dan sering kali disapa dengan julukan 'Princess Bantar Gebang'.

Kendati demikian, Resa selalu percaya diri dan tak mempermasalahkan hal tersebut. Justru ia berupaya menularkan kepercayaan dirinya kepada anak-anak Bantar Gebang dengan memberi bekal pendidikan secara gratis agar anak-anak di sana tak lagi minder akan latar belakang kehidupannya.

Di BGBJ, ia menyediakan beberapa kelompok belajar untuk anak-anak yang terdiri dari kelas calistung, bahasa Inggris, kelas motivasi, musik, dan workshop recycle. Adapun kelas motivasi ini menjadi program utama Resa untuk membangun kepercayaan diri bagi anak-anak Bantar Gebang.

Melalui pendidikan, Resa berupaya mendorong dan menginspirasi anak-anak Bantar Gebang agar tak lagi rendah diri dan bisa membangun asa di masa depan dengan memutus mata rantai kemiskinan. (ads/ads)