ADVERTISEMENT

Keluh Warga Depok Gagal Ngonten di Panggung Apung gegara Ditutup

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 18:03 WIB
Suasana Situ Rawa Kalong sore ini, Sabtu (13/8/2022). (Foto: Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Suasana Situ Rawa Kalong sore ini, Sabtu (13/8/2022). (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Jakarta -

Wahana panggung apung di Situ Rawa Kalong, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, kini jadi sasaran wisata warga. Namun wahana panggung apung masih digembok sejak diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (12/8/2022) sore, tampak pedagang kaki lima berada di sekitar Situ Rawa Kalong. Banyak warga yang datang bersama teman maupun keluarga, sekadar bersantai sambil menyantap kudapan yang dibelinya dari pedagang di sekitar situ.

Salah satu warga asal Pekapuran, Kota Depok, Indah (35), mengatakan gagal 'ngonten' di area panggung apung bersama anak-anaknya lantaran ditutup.

"Pengin jalan-jalan sore, sama sekalian pengin bikin konten sih lebih tepatnya. Karena kan anak-anak punya vlog, jadi pengin sekalian ngonten di sini. Cuma lagi ditutup saja untuk areanya," kata Indah saat ditemui di Situ Rawa Kalong, Sabtu (13/8/2022).

Indah mengaku tak mengetahui panggung apung tersebut ditutup. Namun dia pasrah saat mendapati area panggung apung masih digembok sesampainya di lokasi.

"Sedikit kecewa sih, cuma ya mau gimana lagi. Mungkin biar nggak banyak wisatawan yang buang sampah sembarangan mungkin. Jadi lebih menjaga daerah Situ Rawa Kalongnya sendiri," ujarnya.

Warga Depok lainnya, Feby (23), memilih datang ke Situ Rawa Kalong karena merasa penasaran. Menurutnya, Situ Rawa Kalong sempat viral setelah dikunjungi Bonge, remaja yang dikenal memelopori 'Citayam Fashion Week'.

"Lagi viral itu gara-gara Bonge, makanya ke sini penasaran. Pengin tahu tempatnya, ternyata rame juga," tuturnya.

Feby mengaku kunjungannya ke Situ Rawa Kalong itu merupakan yang pertama kali. Dia mengatakan, apabila panggung apung dibuka, dia ingin mencobanya.

"Kalau boleh masuk sih, pengin masuk ke situ (panggung apung), cuma nggak boleh," terangnya.

Feby menyebut kondisi Situ Rawa Kalong kini lebih bagus dari sebelumnya. "Waktu itu kan lewat sini belum ada kayak gini ya. Sekarang udah beda, udah bagus," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Salah satu wahana di kawasan Situ Rawa Kalong adalah jembatan atau panggung apung.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Rawa Kalong Nurdin mengatakan panggung apung tersebut memang belum dibuka untuk umum. Sebab, saat ini tengah menunggu hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terkait pengelolaan Situ Rawa Kalong.

"Ini kan kemarin waktu kunjungan Gubernur itu kan baru peresmian. Nah, terus untuk hibahnya belum, masih dalam proses. Karena kan itu kan yang bangun Jawa Barat tuh seluruhnya. Makanya nanti akan ada proses administrasi hibah terkait sarana-prasarana tersebut. Nanti, setelah diserahkan ke Depok, dikelola oleh Depok, nanti baru tuh," kata Nurdin kepada wartawan, Rabu (10/8).

(fca/fca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT