Komnas HAM Tetap Dalami Dugaan Pelecehan Istri Ferdy Sambo

ADVERTISEMENT

Komnas HAM Tetap Dalami Dugaan Pelecehan Istri Ferdy Sambo

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 15:25 WIB
Unggahan Hair Stylist, Reval Alip pernah menata rambut istri Ferdy Sambo viral di media sosial.
Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (Foto: dok. TikTok @revalalip.)
Jakarta -

Polri telah menghentikan penyidikan terkait dugaan pelecehan seksual oleh Brigadir J terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Meski begitu, Komnas HAM akan tetap mendalami kasus dugaan pelecehan tersebut.

"Tidak hanya itu, tapi apa yang dia ketahui terhadap peristiwa penembakan Yoshua (akan didalami)," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan, Sabtu (13/8/2022).

Taufan mengatakan pihaknya tetap mendalami kasus tersebut lantaran masih bagian dari konstruksi peristiwa. Menurutnya, memang lebih baik kasus tersebut tidak diungkap ke publik dan menunggu di pengadilan.

"Itu bagian dari konstruksi peristiwa. Sebab, sebagai kasusnya sendiri, kan sudah tidak dilanjutkan oleh penyidik. Tetapi sekali lagi nantinya konstruksi itu akan dibawa di pengadilan saja" katanya.

"Polemik soal ada-tidaknya pelecehan tersebut sebaiknya tidak perlu diungkap ke publik. Tunggu saja di pengadilan," sambungnya.

Lebih lanjut Taufan mengatakan pihaknya tetap akan memeriksa istri Ferdy Sambo. Dia menyebut saat ini masih berkoordinasi dengan tim kuasa hukum dan psikolog terkait kesiapan Putri untuk diperiksa.

"Masih menunggu kesiapan dia. Mudah-mudahan (pekan depan) sudah bisa," kata Taufan.

Dalam kasus ini, Bareskrim Polri telah menetapkan empat orang sebagai tersangka. Mereka adalah Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Irjen Ferdy Sambo, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf.

Pada Jumat (8/7), Bharada E diperintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir J. Selain memerintah, mantan Kadiv Propam itu diduga merekayasa kronologi kasus pembunuhan seolah-olah terjadi baku tembak antara Bharada E dan Brigadir J di rumah dinasnya.

Sementara itu, Bripka RR dan KM berperan ikut membantu dan menyaksikan penembakan Bharada E terhadap korban. Mereka dijerat pasal pembunuhan berencana subsider pasal pembunuhan.

Terbaru, Polri baru saja menghentikan penyidikan terkait dugaan pelecehan seksual oleh Yoshua terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Hal ini lantaran tidak ditemukan peristiwa pidana tersebut.

Ferdy Sambo telah ditahan di Mako Brimob. Pada Kamis (11/8), dia diperiksa pertama kali setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J. Saat diambil berita acara pemeriksaan (BAP), Sambo mengaku merencanakan pembunuhan karena Brigadir J melakukan hal yang mencoreng martabat keluarga.

Simak Video: Jejak Dugaan Pelecehan ke Istri Sambo yang Akhirnya Disetop

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT