ADVERTISEMENT

Teka-teki Kejadian di Magelang Pemicu Ferdy Sambo Bunuh Brigadir Yoshua

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 11:53 WIB
Irjen Ferdy Sambo datang memenuhi panggilan pemeriksaan di Bareskrim Polri, Kamis (4/8/2022) Sambo diperiksa terkait dengan kasus penembakan yang dilakukan Bharada E yang menewaskan Brigadir J di rumah dinasnya.
Irjen Ferdy Sambo (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Irjen Ferdy Sambo diduga merancang pembunuhan terhadap anak buahnya sendiri, Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, gara-gara peristiwa yang terjadi di Magelang, Jawa Tengah. Sebenarnya, apa yang terjadi di Magelang hingga Ferdy Sambo menghabisi nyawa Brigadir Yoshua?

Brigadir Yoshua diketahui tewas di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022), sekitar pukul 17.00 WIB. Dia diduga ditembak oleh Bharada Eliezer atas perintah Ferdy Sambo. Ferdy Sambo dan Eliezer telah menjadi tersangka. Selain itu, ada dua tersangka lain, yakni Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal.

Sebelum penembakan itu, Ferdy Sambo, istrinya, dan Brigadir Yoshua sempat sama-sama berada di Magelang selama beberapa hari. Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, disebut sempat menggelar perayaan ulang tahun pernikahan mereka atau anniversary saat berada di Magelang.

Ferdy Sambo kemudian kembali ke Jakarta pada Kamis (7/7). Dia pulang lebih dulu dengan menumpangi pesawat, sementara istrinya dan sejumlah ajudan, termasuk Brigadir Yoshua, bertolak ke Jakarta dari Magelang pada Jumat (8/7).

Singkat cerita, rombongan istri Ferdy Sambo tiba di Jakarta dan melakukan tes PCR di kediaman pribadinya. Putri Candrawathi dan ajudan-ajudan Ferdy Sambo, termasuk Brigadir Yoshua, pergi ke rumah dinas di Kompleks Polri untuk isolasi. Penembakan kemudian terjadi di rumah dinas sekitar pukul 17.00 WIB, Jumat (8/7).

Kasus ini baru dipublikasikan tiga hari kemudian, yakni Senin (11/7). Saat itu, Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan yang terjadi adalah baku tembak antara Brigadir J dan Bharada E. Dia menyebut baku tembak diawali dugaan pelecehan seksual oleh Brigadir Yoshua terhadap istri Ferdy Sambo di rumah dinas Kompleks Polri, Duren Tiga.

Narasi serupa disampaikan Kapolres Metro Jaksel saat itu, Kombes Budhi Herdi Susianto, pada Selasa (12/7). Dia juga menambahkan narasi Brigadir Yoshua melepaskan tujuh tembakan tapi tak ada yang mengenai Bharada Eliezer. Dia juga menyebut Bharada Eliezer merupakan polisi yang jago menembak. Ada juga narasi lima tembakan dari Bharada Eliezer menyebabkan tujuh luka tembak di tubuh Brigadir Yoshua.

Pihak istri Ferdy Sambo pun membuat laporan dugaan pelecehan ke Polres Metro Jaksel dengan terlapor Brigadir Yoshua. Belakangan, narasi baku tembak hingga dugaan pelecehan di Duren Tiga terbantahkan.

Menurut hasil penelusuran tim khusus, tidak ada pelecehan di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Namun Timsus menyebut ada dugaan tindakan dari Brigadir Yoshua yang melukai martabat istri Ferdy Sambo. Tindakan itu disebut terjadi di Magelang, bukan di Jakarta Selatan.

"Di dalam keterangannya, Tersangka FS mengatakan bahwa dirinya menjadi marah dan emosi setelah mendapat laporan dari istrinya PC telah mengalami tindakan yang melukai harkat martabat keluarga yang terjadi di Magelang, yang dilakukan oleh almarhum Yoshua," kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi dalam jumpa pers, Kamis (11/8/2022).

Atas laporan itulah Ferdy Sambo disebut menjadi emosional. Dia kemudian memerintahkan Bharada Richard Eliezer dan Bripka Ricky Rizal membunuh Brigadir J.

Namun polisi tak menjelaskan detail apa tindakan Yoshua yang disebut Ferdy Sambo melukai martabat Putri Candrawathi itu. Polisi menyebut tindakan itu akan dibuka di persidangan.

"Secara spesifik ini hasil pemeriksaan Tersangka FS. Untuk nanti menjadi jelas, tentunya nanti dalam persidangan akan dibuka semuanya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mako Brimob, Kelapa Dua, Kota Depok.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Jejak Dugaan Pelecehan ke Istri Sambo yang Akhirnya Disetop

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT