ADVERTISEMENT

Komnas HAM Batal Periksa Istri Irjen Ferdy Sambo Hari Ini

M Solihin - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 19:38 WIB
Komisioner Komnas HAM RI Beka Ulung di Purworejo, Senin (28/9/2021).
Beka (Rinto Heksantoro/detikcom)
Jakarta -

Komans HAM batal meminta keterangan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, terkait tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Putri disebut meminta agar pemeriksaan oleh Komnas HAM ditunda.

"Terkait permintaan keterangan terhadap Bu Putri, jadi Bu Putri baru saja konfirmasi meminta untuk ditunda," kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung saat jumpa pers di Mako Brimob, Depok, Jumat (12/8/2022).

Beka menuturkan Komnas HAM akan menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Putri. Dia menyampaikan berdasarkan laporan yang diterima, kondisi istri Irjen Ferdy Sambo itu masih belum stabil.

"Jadi malam ini tidak ada permintaan keterangan Bu Putri, dan akan dicari waktu secepatnya karena memang kondisinya naik-turun. Itu tadi yang disampaikan teman-teman Komnas perempuan dan anggota tim Komnas HAM," tuturnya.

Beka mengungkapkan permintaan penundaan pemeriksaan disampaikan oleh pengacara Putri. Dia menekankan Komnas HAM enggan permintaan keterangan membuat Putri menjadi semakin trauma.

"Belum (bertemu Putri), tadi sudah mau jalan yang bersangkutan nggak bisa. (Pemberitahuan) pengacara," ucapnya.

"Kita yang terpenting mendapat keterangan dari yang bersangkutan tanpa ada tekanan, nyaman, dan lain sebagainya itu adalah prinsip HAM kalau kemudian masih belum bersedia ke Komnas HAM, kami tidak ingin menyebabkan Bu Putri trauma lagi," lanjutnya.

Putri sejatinya dijadwalkan dimintai keterangan oleh Komnas HAM pada hari ini. Pemeriksaan direncanakan melibatkan tim Komnas Perempuan.

(dek/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT