ADVERTISEMENT

Miris! 3 Mobil Taman Baca di Lebak Banten Terbengkalai

Fathul Rizkoh - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 17:04 WIB
Mobil Taman Bacaan Masyarakat Terbengkalai (Fathul Rizkoh/detikcom)
Mobil Taman Bacaan Masyarakat Terbengkalai (Fathul Rizkoh/detikcom)
Lebak -

Tiga unit mobil taman bacaan masyarakat (TBM) terbengkalai di belakang gedung SKB, Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Sajira, Lebak, Banten. Mobil taman bacaan tersebut berdebu dan usang.

Berdasarkan pantauan detikcom, Jumat (12/8/2022), cat mobil berpelat merah itu tampak terkelupas, berkarat, serta ditumbuhi lumut. Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Paud dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Lebak Yunira Saktiana mengatakan mobil terbengkalai lantaran Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) atau pendidikan nonformal itu sempat dinonaktifkan.

"Betul, udah tahunan (terbengkalai). SKB sempat dinonaktifkan dua tahun. Jadi baru aktif lagi itu sekitar 2016. Jadi memang sempat terputus gitu," kata Yunira.

Yunira menyebut mobil yang berfungsi sebagai perpustakaan keliling milik Disdik itu seharusnya datang ke kelompok taman baca masyarakat, baik di kota maupun di pelosok, sehingga masyarakat yang putus sekolah masih bisa belajar melalui buku-buku yang tersedia.

Dia pun menyayangkan kondisi mobil terbengkalai karena buku-buku yang ada jadi tidak dimanfaatkan. Sementara ini, buku-buku yang ada disimpan di pojok perpustakaan di dalam gedung SKB.

Yunira mengklaim kondisi mesin mobil masih bagus. Rencananya mobil akan dioperasikan kembali setelah diservis.

"Mesin mah masih bagus. Bengkel sudah banyak yang pengen ngebenerin tapi yah belum. Kita masih mengurusnya," ujarnya.

Rencana itu, diakui Yunira, baru akan dibahas bersama dengan kepala disdik. Belum ada kepastian kapan mobil akan beroperasi kembali.

"Baru mau kita bicarakan, kita kan punya taman baca masyarakat, kenapa nggak dimanfaatkan bersama saja, biar termanfaatkan. (Mobil) tetap milik kita, tapi keliling biar yang putus sekolah atau anak-anak bisa baca. Kita masih cari-cari dulu (solusi) kan harus dibenerin dulu (mobil)," pungkasnya.

(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT