ADVERTISEMENT

OTT Bupati Pemalang, KPK Amankan Sejumlah Uang

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 11:28 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Hanafi-detikcom)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

KPK menjerat Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo beserta 23 orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT) kemarin. Dalam OTT itu, penyidik mengamankan berbagai barang bukti yang diduga berkaitan dengan tindak pidana korupsi.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengungkap penyidik mengamankan sejumlah uang dan alat bukti lainnya. Uang dan alat bukti tersebut didapat dari OTT di Pemalang, Jawa Tengah.

"Kita telah mengamankan beberapa orang. Sekitar 23 orang dan sejumlah uang serta barang bukti dari Pemalang," kata Nurul Ghufron saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (12/8/2022).

Namun, hingga saat ini, KPK belum memerinci berapa banyak jumlah uang yang telah diamankan dalam OTT yang berlangsung pada Kamis (11/8) sore hingga malam tersebut.

Saat ini pihak-pihak yang terjaring OTT tengah menjalani pemeriksaan intensif. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status para pihak yang terjaring OTT tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo (MAW) terjaring operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK pada Kamis (11/8) sore. OTT tersebut menyisir sejumlah tempat di Jakarta dan di Pemalang, Jawa Tengah.

"Betul, pada hari Kamis, tanggal 11 Agustus 2022 sore, KPK melakukan tangkap tangan seorang bupati atas nama MAW," kata Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Firli menyebut Keduputian Penindakan KPK masih bekerja menangani kasus ini. Nantinya, KPK akan memberikan penjelasan lebih lanjut.

"Rekan-rekan dari Kedeputian Penindakan masih terus bekerja dan pada saatnya kami akan memberikan penjelasan kepada publik," ucapnya.


KPK Segel Ruangan di Kantor Pemkab Pemalang

Sejumlah ruangan di kompleks kantor Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo disegel KPK. Setidaknya ada dua ruangan yang telah disegel.

Seperti dilansir detikJateng, Kamis (11/8), salah satu ruangan yang disegel merupakan ruang di Kantor Kominfo. Selain itu, ruang Bidang Lelang disegel.

Namun bagian lain di kompleks Pemkab Pemalang tidak bisa diakses. Petugas Satpol PP menjaga kompleks perkantoran itu dengan cukup ketat.

Simak video 'Bupati Pemalang Kena OTT KPK soal Jual Beli Jabatan':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT