ADVERTISEMENT

Sentimen di Twitter Berubah Setelah Ferdy Sambo Jadi Tersangka

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 17:35 WIB
Kluster sentimen terhadap kasus Irjen Ferdy Sambo (dok. @ismailfahmi)
Kluster sentimen terhadap kasus Irjen Ferdy Sambo (dok. @ismailfahmi)
Jakarta -

Kasus pembunuhan Brigadir Yoshua atau Brigadir J oleh Irjen Ferdy Sambo terus menjadi perbincangan warganet di Twitter. Belakangan sentimen positif warganet terhadap kasus ini menguat usai Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan.

Analisis terkait sentimen warganet ini disampaikan oleh Founder Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, lewat akun Twitternya, @ismailfahmi, Kamis (11/8/2022). detikcom telah mendapatkan izin untuk mengutip cuitan ini.

Awalnya, dia menjelaskan bahwa sebelum penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka, ruang percakapan terkait kasus ini didominasi oleh sentimen negatif. Data percakapan ini diambil dari 11 Juli hingga 9 Agustus 2022.

"Didominasi oleh sentimen negatif (53%). Kritik kepolisian yang tidak dapat selesaikan kasus penembakan Brigadir J, Soroti kejanggalan keterangan polisi soal kronologi, motif dan kondisi jenazah, desak pencopotan Kapolri," kata Ismail Fahmi dalam cuitannya.

Sedangkan nada sentimen positif sebelum penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka hanya 17%. Mereka yang berada di klaster ini mengapresiasi upaya Kapolri saat Ferdy Sambo dan 25 polisi lainnya dinonaktifkan.

"Kelompok bersentimen positif (17%) apresiasi upaya Kapolri nonaktifkan FS dan mutasi 25 personel polisi," ujarnya.

Kluster sentimen terhadap kasus Irjen Ferdy Sambo (dok. @ismailfahmi)Klaster sentimen terhadap kasus Irjen Ferdy Sambo (dok. @ismailfahmi)

Namun, usai Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengumumkan Sambo sebagai tersangka, sentimen positif meningkat. Sentimen positif terhadap kasus ini menjadi 89%. Banyak warganet yang mengapresiasi langkah penetapan tersangka ini. Pemantauan dilakukan dari 9-10 Agustus.

"Didominasi oleh sentimen positif (89%). Amplifikasi keterangan Polri soal penetapan FS sebagai tersangka, apresiasi publik terhadap langkah penetapan tersangka, keterangan Polri soal kronologi sebenarnya, trending tagar," ungkapnya.

Adapun kelompok yang bersentimen negatif hanya 2%. Mereka adalah kelompok kontra-pemerintah yang meminta kasus KM 50 diusut lagi.

Simak Video 'Rekaman CCTV Brigadir J Mulai dari Magelang hingga Rumah Sambo':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT