ADVERTISEMENT

Suara Mahasiswa

KAMMI Apresiasi Kapolri Berani Tegas Tindak Irjen Sambo

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 14:32 WIB
Ketua Umum PP KAMMI, Zaky A Rivai. (Dok KAMMI)
Ketua Umum PP KAMMI, Zaky A Rivai. (Dok. KAMMI)
Jakarta -

Eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo jadi tersangka utama tewasnya Brigadir Yoshua Hutabarat. Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Zaky A Rivai mengapresiasi ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajaran.

"Fakta mulai terkuak, artinya tim betul-betul bekerja secara transparan dan terukur," kata Zaky kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Zaky menyatakan siapa pun yang terlibat di balik kasus ini haruslah diungkap dan dihukum seadil-adilnya. Hukum yang ditegakkan tanpa pandang bulu akan membuat citra institusi Polri makin baik.

Dia berharap ke depan kinerja Polri sebagai pelayan masyarakat juga makin baik.

"Mungkin ini akan jadi catatan sejarah yang buruk bagi Polri, tapi sekaligus membuktikan Kapolri dan jajarannya berani bertindak tegas bahwa hukum memang seharusnya tak pandang bulu," ujarnya.

"Nama baik institusi itu penting, tapi jauh lebih penting menegakkan kebenaran," sambung Zaky.

Ferdy Sambo Tersangka

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diketahui mengumumkan penanganan terbaru kasus tewasnya Brigadir J. Eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka.

"Timsus menetapkan Saudara FS sebagai tersangka," kata Jenderal Sigit di kantornya, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (9/8).

Sigit mengatakan skenario tembak menembak diduga dibuat oleh Ferdy Sambo. Dia mengatakan Ferdy Sambo diduga menembakkan senjata Brigadir Yoshua ke dinding untuk memperkuat skenarionya.

"Kemudian untuk membuat seolah-olah telah terjadi tembak-menembak, saudara FS melakukan penembakan dengan senjata milik saudara J ke dinding berkali-kali untuk membuat kesan seolah telah terjadi tembak-menembak Terkait apakah saudara FS menyuruh ataupun terlibat langsung dalam penembakan, saat ini tim terus melakukan pendalaman terhadap saksi-saksi dan pihak-pihak yang terkait Kemarin kita telah tetapkan 3 orang tersangka, yaitu saudara RE, saudara RR, dan saudara KM," ujarnya.

Atas dasar temuan itu, Bareskrim menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka. Sigit menyatakan motif penembakan terhadap Brigadir Yoshua masih didalami.

"Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk menetapkan saudara FS sebagai tersangka. Jadi saya ulangi Timsus telah menetapkan saudara FS sebagai tersangka," ujarnya.

(zap/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT