ADVERTISEMENT

Maksimum Rp 10 Ribu, Begini Hitung-hitungan Tarif Integrasi MRT-LRT-TransJ

Indra Komara - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 12:17 WIB
PT MRT Jakarta (Perseroda) memberlakukan kapasitas tempat duduk 100% di MRT mulai hari ini. Meskipun begitu, penumpang moda transportasi ini masih sepi pagi ini.
MRT Jakarta. (Foto: Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menerbitkan Kepgub soal tarif integrasi transportasi MRT, LRT, dan TransJakarta. Tarif maksimum integrasi Rp 10 ribu, bagaimana hitung-hitungan bayarnya?

Dalam Kepgub nomor 733 ini, paket tarif layanan angkutan umum massal berlaku untuk perjalanan menggunakan dua atau lebih moda transportasi. Tarif maksimal Rp 10 ribu merupakan bayaran kombinasi antara TransJakarta, MRT, dan LRT.

Biaya awal tarif integrasi ini akan dikenakan Rp 2.500. Selanjutnya akan dikenakan tarif Rp 250 per kilometer. Pemprov DKI menetapakan tarif maskimum integrasi 3 moda transportasi itu sebesar Rp 10 ribu.

"Maksimum waktu tempuh dalam satu kali perjalanan untuk jumlah maksimum tarif sebagaimana dimaksud selama 180 menit," demikian isi Kepgub Anies.

Tarif integrasi.Tarif integrasi. (Foto: Dok. istimewa)

Penumpang dengan metode tarif integrasi diimbau tak keluar dari sistem Angkutan Umum Massal (SAUM) sejak pertama kali meletakkan karut uang elektronik, tiket elektronik atau alat pembayaran elektronik lainnya di mesin tap in. Penumpang juga wajib tap out saat menyelesaikan perjalanan.

"Apabila penumpang ingin transit pada moda angkutan umum massal, maka perpindahan tersebut dilakukan di halte integrasi yang tersedia," tulis Kepgub tersebut.

Adapaun tarif integrasi ini menggunakan aplikasi JakLingko. Lewat aplikasi ini penumpang bisa memilih transportasi apa yang akan digunakan dan berapa tarif yang harus dibayar.

Di Kepgub Anies juga dijelaskan jika dalam satu kali perjalanan memakan waktu lebih dari 180 menit, maka selain kena tarif maksimum, akan dihitung paket tarif perjalanan berikutnya.

Lihat juga video 'Dirut KAI Blak-blakan LRT Jabodebek Jadi Beban, Desain Nggak Benar':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT