ADVERTISEMENT

Komnas HAM Panggil Irjen Ferdy Sambo Besok

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 16:15 WIB
Jakarta -

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan memeriksa eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Setelah itu Komnas HAM akan memeriksa istri Sambo, Putri Candrawathi.

"Besok agendanya adalah kami berharap Pak FS Pak Ferdy Sambo, habis itu Bu Putri," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, di kantornya, Rabu (10/8/2022).

Namun Komnas HAM belum mendapatkan konfirmasi soal kedatangan Ferdy Sambo. Untuk diketahui, saat ini Sambo tengah ditahan penyidik Tim Khusus di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Sebelumnya, Ferdy Sambo sempat dibawa ke Mako Brimob untuk diperiksa atas dugaan pelanggaran etik terkait kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

"Kami berharap bisa datang ke kantor Komnas HAM. Namun demikian, jika atas permintaan tertentu, kita akan mengikuti pertimbangan yang terbaik," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Komnas HAM berencana memeriksa Ferdy Sambo pada Kamis (11/8) besok. Komnas HAM akan berkoordinasi dengan timsus terkait lokasi pemeriksaan Sambo.

"Kita sedang bernegosiasi tapi kita minta sebisanya di sini," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Selasa (9/8).

4 Orang Tersangka Kasus Brigadir J

Dalam mengungkap kasus ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk Tim Khusus dan Inspektorat Khusus (Itsus).

Ada empat orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini, yaitu Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer (RE), Brigadir Ricky Rizal (RR), dan Kuat Ma'ruf (KM).

Sambo diduga menjadi otak pembunuhan terhadap Brigadir J pada Jumat (8/7) lalu di rumah dinasnya di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel).

Sambo diduga menyuruh Bharada E menembak Brigadir J. Dia juga menjadi otak perekayasa kasus penembakan ini seolah menjadi peristiwa baku tembak antara Bharada E dan Brigadir J.

Sementara itu, Bripka RR dan KM berperan ikut membantu dan menyaksikan penembakan Bharada E terhadap korban.

(jbr/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT