ADVERTISEMENT

Pengacara Sebut 6 Barang Disita Timsus Saat Geledah Rumah Irjen Sambo

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 20:51 WIB
Irjen Ferdy Sambo akhirnya selesai diperiksa oleh Dittipidum Bareskrim Polri. Sambo keluar dari kantor Dittipidum setelah diperiksa tujuh jam.
Irjen Ferdy Sambo diperiksa Bareskrim Polri (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Tim Khusus (Timsus) Polri melakukan penggeledahan di tiga rumah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Kuasa hukum Irjen Ferdy Sambo dan istri, Irwan Irawan, menyebut ada enam barang yang disita Timsus saat melakukan penggeledahan.

"Jadi ada proses penggeledahan dan dilanjutkan proses penyitaan oleh penyidik. Ya ini prosedur standarlah dari proses pengungkapan kasus. Jadi hanya sebatas itu yang dilakukan. Ada enam item yang disita," kata Irwan kepada wartawan di rumah Ferdy Sambo di Jalan Bangka XI A, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

Irwan menyebutkan keenam barang itu terdiri atas pakaian hingga sepatu milik Ferdy Sambo. Barang-barang itu diduga berkaitan dengan kasus Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

"Sepatu, baju, dan ada beberapa hal lagi yang disita. Enam item-lah," ujar Irwan.

"Mungkin yang diduga terkait dengan perkara ini," tambahnya.

Irwan kemudian menjelaskan rumah Ferdy Sambo yang berada di Jalan Bangka yang juga digeledah Timsus. Rumah itu merupakan milik mertua Ferdy Sambo.

"Ini rumah mertua," ucap Irwan.

"Ya namanya juga mertua, kan pasti. Ada beberapa dia pasti berkunjung ke sini dan memang yang diduga terkait peristiwa yang ada tentu penyidik melakukan pengembanganlah," sambungnya.

Penggeledahan Dijaga Ketat

Sebelumnya, penggeledahan di rumah eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo dijaga ketat personel Brimob bersenjata lengkap. Penggeledahan merupakan permintaan penyidik.

"Itu teknis. Permintaan dari penyidik untuk melakukan backup terkait menyangkut masalah upaya penggeledahan yang dilakukan di tiga lokasi sore hari," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Selasa (9/8/2022).

Selain personel Brimob yang bersenjata lengkap, penggeledahan pada sore tadi disertai pengerahan tiga kendaraan taktis Brimob. Anggota Brimob juga ada yang berdiri siaga di dalam kendaraan taktis yang dikerahkan.

Apakah penjagaan Brimob bersenjata lengkap itu dilakukan karena ada ancaman?

Dedi mengatakan pengawalan ketat tersebut atas permintaan dari penyidik Tim Khusus yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Itu diskresi dari penyidik. Kalau penyidik melihat hal seperti itu, ya penyidik menilai seperti itu. Penyidik meminta bantuan untuk backup pengamanan dalam proses penggeledahan," katanya.

Dia mengatakan pada sore tadi, ada tiga lokasi yang digeledah Tim Khusus. Selain rumah pribadi di Jalan Saguling III, penggeledahan juga dilakukan di rumah dinas Kadiv Propam di Kompleks Polri Duren Tiga dan satu lokasi lain di Jalan Bangka, Jakarta Selatan (Jaksel).

Dia mengatakan penggeledahan di tiga lokasi tersebut sudah mendapatkan izin dari pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Untuk mencari barang bukti, yang terkait menyangkut masalah penembakan yang terjadi di TKP Duren Tiga. Hasilnya apa? Karena masih berproses dugaan, nanti akan disampaikan kepada teman-teman semuanya," ucapnya.

Simak Video 'Timsus Geledah 3 Rumah Irjen Ferdy Sambo Terkait Kasus Brigadir J':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT