ADVERTISEMENT

Ferdy Sambo Jadi Tersangka Usai Pemeriksaan Mendalam di Mako Brimob

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 19:29 WIB
Jakarta -

Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto mengatakan Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka seusai pemeriksaan mendalam di Mako Brimob, Depok.

Diketahui Irjen Ferdy Sambo diperiksa oleh Timsus di Mako Brimob pada Senin (8/8) kemarin. Pemeriksaan itu dipantau langsung oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

"Kemarin kami laporkan ke Kapolri bahwa Timsus seluruhnya melaksanakan pemeriksaan mendalam kepada FS di Mako Brimob," kata Agung dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Selasa (9/8/2022).

Setelah diperiksa di Mako Brimob, Ferdy Sambo kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Polisi mengatakan telah menemukan bukti yang cukup untuk menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka. Polisi juga telah melakukan gelar perkara setelah memeriksa Sambo di Mako Brimob.

"Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, juga telah ditemukan bukti yang cukup bahwa FS adalah melakukan tindak pidana. Maka tadi Pak Kapolri sudah menyampaikan melakukan gelar perkara dan sudah ditetapkan sebagai tersangka," katanya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan Irjen Ferdy Sambo merupakan tersangka kasus penembakan terhadap Brigadir J atau Yoshua Hutabarat. Kapolri menyebut tidak ada peristiwa tembak-menembak seperti laporan awal kasus.

"Ditemukan perkembangan baru bahwa tidak ditemukan fakta peristiwa tembak-menembak seperti yang dilaporkan. Saya ulangi, tidak ditemukan peristiwa fakta tembak-menembak," kata Kapolri dalam konferensi pers di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (9/8/2022).

Kapolri menyebut Irjen Ferdy Sambo memerintahkan penembakan.

"Timsus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap Saudara J yang menyebabkan Saudara J meninggal dunia yang dilakukan Saudara RE atas perintah Saudara FS," kata Kapolri.

Sebelumnya, Polri telah menetapkan tiga orang tersangka, yakni Bharada Richard Eliezer (E), Brigadir Ricky Rizal, dan K. Dengan ditetapkannya Ferdy Sambo sebagai tersangka, kini jumlah tersangka dalam kasus penembakan Brigadir J ada empat orang.

(yld/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT