Lusa, Komnas HAM Periksa Irjen Ferdy Sambo

ADVERTISEMENT

Lusa, Komnas HAM Periksa Irjen Ferdy Sambo

Anggi Muliawati - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 14:15 WIB
Mako Brimob Adalah Apa? Tempat Ferdy Sambo Kini Diisolasi
Ferdy Sambo (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Komnas HAM akan memeriksa mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo terkait kasus kematian Brigadir J. Pemeriksaan dijadwalkan berlangsung pada Kamis (11/8/2022) lusa.

"Kemudian hari Kamis mungkin bisa pagi atau siang kita sedang upayakan mencari jadwal yang fix, kita akan memeriksa Pak Sambo," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/8).

Perihal tempat pemeriksaan, Taufan mengatakan masih berkoordinasi dengan timsus. Dia berharap pemeriksaan dapat dilakukan di Komnas HAM.

"Kita sedang bernegosiasi tapi kita minta sebisanya di sini," katanya.

Sebelumnya, Irjen Ferdy Sambo dibawa ke Mako Brimob pada Sabtu (6/8). Ferdy Sambo diduga melanggar kode etik terkait kasus tewasnya Brigadir J.

"Kegiatan pemeriksaan gabungan, ya ini Wasriksus, Pengawasan Pemeriksaan Khusus, terhadap perbuatan Irjen FS. Yang diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam tindak pidana meninggalnya Brigadir J," kata Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo saat jumpa pers di Mabes Polri, Sabtu (6/8).

Dari pemeriksaan, Wasriksus sudah memeriksa 10 saksi dan beberapa barang bukti. Alasan Polri membawa Irjen Ferdy Sambo ke Mako Brimbo pun karena indikasi pelanggaran profesionalitas.

"Dari Riksus menetapkan bahwa Irjen Pol FS diduga melakukan pelanggaran terkait menyangkut ketidakprofesionalan di dalam oleh TKP," ujarnya.

Simak Video: Jokowi Bicara Kasus Brigadir J: Usut Tuntas, Jangan Ragu!

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT