ADVERTISEMENT

PPSDM Migas Beri Pelatihan Regulasi Hilir Migas ke ASN KESDM

Arief Budiman - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 13:38 WIB
Pelatihan mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang.
Ilustrasi. Foto: dok. PPSDM Migas
Jakarta -

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Regulasi Hilir Migas kepada Apartur Sipil Negara (ASN) di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan materi yang relevan terkait kegiatan hilir migas. Pemimpin pelatihan Arlucky Novandi menjelaskan materi apa saja yang akan diterima oleh peserta yang dimulai hari Senin 1 Agustus 2022 lalu.

"Tujuan peserta mengikuti pelatihan ini adalah agar mereka mampu memahami regulasi hilir migas dengan materi sebagai berikut Kegiatan Pengolahan Gas Bumi dan dan Pengangkutan Gas Bumi dan Produknya, Kegiatan Penyimpanan dan Niaga Migas, Proses Penyusunan Peraturan Perundangan, serta Regulasi Bidang Hilir Migas," ujar Arlucky dalam keterangan tertulis, Senin (1/8/2022).

Ia melanjutkan, pemanfaatan gas bumi terus dioptimalkan oleh pemerintah dengan menggunakan berbagai macam moda transportasi. Salah satunya ialah dengan melaksanakan pengaturan kegiatan usaha gas bumi melalui pipa yang bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan dalam negeri.

Arlucky juga menjelaskan tujuan lain dari pengaturan kaegiatan usaha gas bumi ini adalah untuk meningkatkan investasi dalam pembangunan infrastruktur gas bumi sekaligus menjamin efisiensi dan efektifitas pelaksanaan penyediaan gas bumi baik sebagai sumber energi maupun sebagai bahan baku untuk kebutuhan dalam negeri.

"Selain itu hal ini untuk meningkatkan partisipasi badan usaha dalam penyediaan gas bumi untuk memenuhi kebutuhan gas bumi dalam negeri," tutupnya.

(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT