ADVERTISEMENT

IPW Luruskan soal Isu 'Geng Mafia di Polri'

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 13:25 WIB
Sugeng Teguh Santoso
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Indonesia Police Watch (IPW) meluruskan isu soal 'geng mafia di Polri' yang dikaitkan dengan tim Satgassus Polri. IPW hanya menyampaikan bahwa keberadaan Satgassus yang diketuai oleh Irjen Ferdy Sambo untuk dievaluasi.

"Bahwa IPW tidak pernah menyebut satgassus sebagai geng mafia kejahatan. Saat itu IPW menyatakan bahwa satgassus adalah polisi elite dalam Polri, yang membuat tumpang-tindih kewenangan penyelidikan dan penyidikan. Namun kemudian dipersepsikan dan dipelintir seolah-olah satgassus sebagai geng mafia dan menjadi liar dan perlu diluruskan," ujar Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso dalam siaran persnya kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Pemberitaan mengenai adanya 'geng mafia di tubuh Polri' dinilai IPW menjadi sangat liar dan ditarik ke mana-mana, serta tidak sesuai dengan makna yang sebenarnya diungkapkan.

"Padahal yang dimaksud oleh IPW sebagai geng mafia adalah terkait dengan peristiwa yang saat ini disidik oleh timsus dan irsus, yaitu adanya keterlibatan 25 orang yang melakukan dugaan obstruction of justice," jelasnya.

Sugeng menambahkan, dalam beberapa kesempatan talkshow IPW menyatakan bahwa kemungkinan 25 orang yang terlibat dalam obstruction of justice itu adalah tergabung dalam satgassus yang diketuai oleh Irjen Ferdy Sambo.

"IPW juga meminta keberadaan satgassus di evaluasi ke depannya terkait kewenangan yang tumpang tindih, dan potensi penyalahgunaan kewenangan yang diberikan oleh Kapolri pada satgassus," katanya.

Irjen Sambo Dinonaktifkan dari Kasatgassus

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Irjen Ferdi Sambo telah dinonaktifkan dari jabatan kasatgassus yang merupakan jabatan nonstruktural tersebut. Dia mengatakan jabatan kasatgassus otomatis nonaktif saat jabatan strukturalnya dinonaktifkan.

"Setelah jabatan struktural dinonaktifkan, jabatan nonstruktural juga sudah tidak aktif," kata Dedi saat dimintai konfirmasi, Selasa (2/8/2022).

Dedi mengatakan penonaktifan itu dilakukan bersamaan saat menonaktifkan jabatan Sambo sebagai Kadiv Propam. "Iya betul (bersamaan)," katanya.

Baca di halaman selanjutnya: ICW menyoal Satgassus dipimpin Irjen Ferdy Sambo

Lihat juga Video: IPW Bicara Potensi Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Brigadir J

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT