ADVERTISEMENT

Detik-detik Mencekam Saat Bus AKAP di Tol Jagorawi Bogor Terbakar

M Sholihin - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 12:13 WIB
Kondisi bus yang tebakar di Tol Jagorawi, Ciawi Bogor
Kondisi bus yang tebakar di Tol Jagorawi, Ciawi, Bogor (M Sholihin/detikcom)
Bogor -

Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tengah mengangkut penumpang menuju terminal Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, terbakar di Km 45 Tol Jagorawi, tepatnya ketika bus berada di Gerbang Tol (GT) Ciawi. Tidak ada ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tapi penumpang yang terdiri dari orang tua hingga bayi mengalami kepanikan.

Megantara, kernet bus MGI, yang terbakar, menceritakan detik-detik terbakarnya bus tersebut. Menurutnya, asap sudah keluar dari bawah kursi penumpang sesaat sebelum melewati GT Ciawi arah Ciawi, Bogor.

"Awalnya cuma keluar asap, masih kecil asapnya, itu juga dikasih tahu penumpang. Posisinya kita lagi antre mau bayar tol, mau keluar arah Ciawi kan," kata Megantara saat ditemui di unit laka tol Jagorawi, Selasa (9/8/2022).

Namun ketika posisi bus tepat di gate keluar tol Jagorawi, asap dalam bus kian tebal dan membuat panik penumpang. Mereka bangun dari kursi sambil berteriak histeris, beberapa anak kecil juga menangis di dalam bus.

"Penumpang ya panik, semua bangun, teriak minta berhenti, minta diturunin. Mereka paniklah ya, kan ada juga penumpang anak kecil, yang bayi juga ada. Tapi untungnya sopir masih bisa tenang, buru-buru ke pinggir. Terus itu penumpang lompat semua, buru-buru keluar," cerita Megantara.

Dalam kondisi bus terbakar di bagian dalam dan mengeluarkan asap tebal, lanjut Megantara, ia dan sopir bus dibantu penumpang lain bergegas mengeluarkan barang yang ada di dalam bus dan di bagasi.

"Ya hampir nggak sempat mikir dulu, udah aja keluarkan semua itu barang-barang penumpang. Tapi alhamdulillah barang semua aman, penumpang juga aman, nggak ada yang luka atau apa. Cuma ya itu panik saja," kata Megantara.

Sopir bus MGI yang terbakar, Maman, mengatakan bus baru saja berangkat dari terminal Branangsiang, Bogor, menuju terminal Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Saat kejadian, bus tengah mengangkut penumpang sekitar 15 orang.

"Bus tujuan terminal Pelabuhan Ratu, baru keluar kita dari (terminal) Branangsiang. Penumpang ada sekitar 15 orang," kata Maman.

Lihat juga video 'Bus Vs Truk di Asahan Sumut, 1 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT