ADVERTISEMENT

Musim Pancaroba, Damkar Minta Warga Lebak Waspadai Kemunculan Ular

Fathul Rizkoh - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 11:42 WIB
Reticulated python snakes are known to be the longest in the world. (Roslan Rahman/AFP/Getty Images)
Ilustrasi ular puton. (Roslan Rahman/AFP/Getty Images)
Lebak -

Damkar Kabupaten Lebak, Banten, meminta warga mewaspadai ular di masa pancaroba. Tiga bulan terakhir, Damkar mengaku selalu menerima laporan evakuasi ular.

"Tiga bulan terakhir kami memang sering mendapat laporan, yang kami tangkap ada ular berbisa tapi yang dominan ular piton atau sanca," kata Kepala Bidang Damkar pada Dinas Satpol PP dan Damkar Lebak Iwan Darmawan kepada detikcom ditemui di kantornya, Rangkasbitung, Selasa (9/8/2022).

"Total ada 5-6 ular piton yang kami tangkap tiga bulan terakhir ini, ular itu juga panjang-panjang ada yang 3-5 meter," sambungnya.

Fenomena kemunculan ular terjadi karena sejumlah faktor. Kata Iwan, bisa karena habitatnya yang terganggu atau karena masuk masa pancaroba. Jadi, reptil seperti ular akan bergairah mencari mangsa.

"Mungkin karena habitatnya di hutan terganggu sehingga untuk mencari makan harus ke pemukiman penduduk. Biasanya ular itu ada di dekat rantai makanannya kaya di kandang ayam, bibir sungai atau di ladang," tuturnya.

Lebih lanjut, Iwan meminta warga segera melapor jika menemukan ular. Penanganan harus dilakukan oleh ahli.

"Kalau tidak ditangani yang ahli memang berbahaya. Jenis ular piton meskipun tidak berbisa tapi dia melilit dan itu juga berbahaya," jelasnya.

"Imbauannya, jika ada warga yang melihat ada ular piton atau ular berbisa segera hubungi kami. Selalu waspada dan serahkan penanganan kepada yang ahli," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala TU Puskesmas Bojongmanik Sukirno di Kecamatan Leuwidamar mengatakan ada lima warga digigit ular berbisa dalam waktu dua bulan. Mereka digigit di bagian tangan atau kaki.

"Warga Baduy satu orang itu digigitnya akhir bulan Juli lalu, terus bulan Agustus ini ada empat orang. Iya jadi lima orang," kata Sukirno saat dihubungi.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT