ADVERTISEMENT

Jokowi Resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 10:35 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Jokowi berharap terminal pelabuhan yang dibangun sejak 2016 itu berdampak positif bagi masyarakat.

"Pelabuhan ini akan memperkuat competitiveness, daya saing dari produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh Provinsi Kalimantan Barat karena di sini memiliki kekuatan besar crude palm oil, alumina, bauksit dan produk-produk lainnya," kata Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/8/2022).

Jokowi mengatakan pelabuhan ini menjadi pelabuhan yang terbesar di Pulau Kalimantan. Dia berharap investasi besar pembangunan pelabuhan tak disia-siakan.

"Jadi jangan sampai investasi yang besar seperti itu tidak bisa memperkuat daya saing dan tidak bisa memperbaiki konektivitas antarpelabuhan, antarpulau dan antarnegara," ujar Jokowi.

Jokowi juga meminta jalan menuju ke pelabuhan diperlebar. Dia menugaskan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Jadi selesaikan sekalian sehingga perjalanan kontainer maupun yang non peti kemas semuanya bisa lancar dan tujuan akhir kita memperkuat daya sayang itu betul-betul bisa kita lakukan," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi mempersilakan jika nama pelabuhan ingin diubah untuk diajukan ke pemerintah pusat. Pemerintah siap menampung aspirasi masyarakat.

"Nama pelabuhan ini diubah atau berbeda silakan diajukan ke pada pemerintah pusat ke presiden Saya kira seluruh aspirasi yang ada akan kita tampung," imbuh Jokowi.

Lihat juga video 'Jokowi Bolak-balik Singgung Harga BBM, Apa yang Dicemaskan?':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT